Usaha Sampingan – Bagi ibu rumah tangga yang masih memiliki banyak waktu luang di rumah pasti tak ingin dong menghabiskan waktu sia-sia. Semua pekerjaan rumah dapat diselesaikan tak sampai seharian, karena banyak waktu luang mengapa tak menggunakannya untuk memulai usaha? Selain mengisi waktu luang, memulai berbisnis juga akan menghasilkan uang tambahan loh.

Memulai bisnis di era digital bukanlah suatu yang sulit, Anda juga bisa mengasah skill yang menarik. Bahkan mungkin saja hobi yang saat ini ditekuni bisa menjadi modal bisnis yang tidak terduga. Membangun bisnis tidak lagi harus menyewa ruko atau ruangan, mencari karyawan atau kebutuhan pada umumnya.

Aneka Usaha Sampingan yang Bisa Dimulai dari Rumah Pasti Untung

usaha sampingan

Uniknya, usaha sampingan yang bisa Anda mulai hanya bermodalkan smartphone, krativitas dan juga bisa dilakukan dari rumah. Dengan begitu modal untuk usaha pun akan terpangkas lebih banyak. Bagaimana caranya dan usaha apa saja yang memiliki potensi keuntungan tinggi? Simak selengkapnya di sini.

1. Fungsikan Mesin Cuci dengan Membuka Jasa Laundry

Jasa laundry kini banyak dicari, apalagi jika Anda menerima laundry antar jemput. Apabila Anda memiliki mesin cuci dan juga ruang menjemur yang cukup luas di rumah usaha ini bisa dijalankan. Tidak harus membeli mesin cuci baru, jika Anda kini memiliki mesin cuci satu tabung sudah sangat cukup.

Karena menerima layanan antar jemput, maka biayanya bisa lebih tinggi dibandingkan cuci kiloan. Pastikan servis yang diberikan harus berkualitas seperti pakaian yang tidak luntur, wangi dan disetrika dengan rapi. Usaha ini nantinya bisa menjadi besar dan Anda bisa mengembangkannya jasa lain seperti cuci dry clean.

Karena dikerjakan sendiri, sebaiknya kenali batasan seberapa banyak jumlah cucian yang bisa ditampung setiap harinya. Ketika sudah banyak dikenal, Anda bisa memulai untuk merekrut pegawai dan mempertimbangkan untuk menyewa tempat khusus yang lebih luas.

2. Memanfaatkan Barang Bekas untuk Kerajinan

Tuangkan kreativitas Anda dengan membuat kerajinan tangan. Saat ini sudah banyak tutorial membuat kerajinan tangan yang memanfaatkan barang bekas. Barang yang sudah tidak terpakai atau sampah seperti plastik sabun deterjen, kayu sisa pabrik, atau bahkan kain perca. Semua bahan tersebut bisa jadi modal minim yang diolah di rumah menjadi uang.

Hasil kerajinan kayu misalnya bisa dijadikan souvenir pernikahan atau hampers. Buatlah kerajinan yang menarik dan seindah mungkin supaya banyak orang tertarik untuk memesannya. Ada juga kerajinan tray untuk hantaran yang bisa disewakan, modalnya cukup pembuatan tray dan kreasi menghias hantaran.

Semakin banyak jenis kerajinan yang bisa Anda buat maka akan banyak pula pilihan yang menarik. Ditambah lagi tidak ada yang pernah habis dari kreativitas, Anda bisa selalu mengembangkannya dengan berbagai macam cara. Usaha ini juga bisa menjadi bantuan untuk mengurangi sampah.

3. Menjadi Dropship atau Reseller

Berbekal smartphone, usaha sampingan ibu rumah tangga yang banyak dipilih adalah dropshipper. Kuncinya juga kreativitas dalam beriklan di marketplace atau toko online. Dropship adalah salah satu bentuk usaha yang kini marak dipilih karena Anda tak perlu membeli dan menyimpan produk. Cukup dengan memilih supplier yang tepat dan menjamin kualitas supaya konsumen senang dengan produk yang dikirim.

Apabila Anda memiliki modal yang lebih banyak, selain dropship bisa juga memilih usaha menjadi reseller. Tipe usaha ini perlu modal karena Anda harus membeli produk langsung dari supplier dan mengirim ke konsumen. Berbeda dengan dropship yang produknya dikirim oleh supplier. Karena membeli produk terlebih dahulu dalam jumlah tertentu, biasanya keuntungan yang didapat juga lebih banyak dari dropshipper.

Kunci sukses antara dropship dan reseller adalah pemilihan produknya. Supaya mendapatkan untung cepat, sebaiknya pilih produk yang perputarannya cepat. Misalnya saja makanan atau pakaian. Jika ingin memilih produk makanan untuk usaha reseller, pertimbangkan masa kadaluarsanya supaya Anda tidak rugi dan produk lebih cepat habis.

4. Menerima Jahitan Pakaian

Manfaatkan waktu luang untuk belajar menjahit karena skill ini juga bisa menjadi modal usaha sampingan di rumah. Memang tidak mudah untuk menguasai kemampuan menjahit tetapi bisa dengan kemauan. Anda bisa mencoba dengan membuat pakaian simpel untuk anak, jika sudah mahir bisa membuka pesanan jahitan.

Peluang usaha dari jahitan sendiri cukup laris manis, apalagi pakaian wanita. Apabila tidak ingin model yang rumit, Anda bisa memulainya dengan jahitan seragam sekolah yang polanya tak sulit. Sambil membuka usaha, Anda bisa terus mengasah kemampuan dengan mencoba beberapa desain jahitan yang lain.

Jika ingin sukses di bidang ini, pastikan bahwa pakaian yang dijahit memiliki hasil rapi selain itu juga ukurannya harus pas. Ketelitian dalam pengukuran akan menciptakan pakaian dengan ukuran tepat dan konsumen akan puas dengan hasil jahitan Anda.

Baca Juga  Bingung Menentukan Menu Makanan Syukuran Rumah? Cek Di sini

5. Memanfaatkan Halaman untuk Bisnis Tanaman

Suka bercocok tanam? Gaya hidup minimalis yang digandrungi masyarakat modern ini menjadikan tanaman dalam pot banyak dicari. Tanaman adalah salah satu elemen dalam desain ruang minimalis. Manfaatkan tren ini untuk menjadi ladang usaha yang menguntungkan. Tidak sulit untuk menanam tanaman dalam pot dan memeliharanya sampai besar.

Tanaman dalam pot juga tidak memakan lahan yang luas. Anda bisa membuat rak di halaman dan memajangnya. Pemasaran tanaman ini juga bisa dilakukan secara online atau ke teman terdekat. Konsumen juga bisa datang langsung untuk bisa memilih dan membelinya.

6. Kreatif Menjadi Desain Grafis

Ide usaha sampingan selanjutnya adalah menjadi seorang desain grafis. Apabila Anda dulu adalah lulusan jurusan desain grafis, kini saatnya untuk mengaplikasikan kemampuan dalam usaha. Menjadi freelancer desain grafis tak hanya melayani konsumen dalam negeri tetapi juga luar negeri yang artinya Anda akan dibayar menggunakan dollar.

Bagaimana caranya? Manfaatkan platform bagi freelancer yang saat ini sudah banyak beredar. Melalui website tersebut Anda bisa menemukan klien dan menggarap desain logo merk tertentu. Tanpa harus bertatap muka langsung dengan klien akan banyak jib mengalir semakin kamu kreatif dalam membuatnya.

7. Food and Beverage dengan Jasa Katering

Jenis usaha sampingan di rumah lainnya yang juga cocok untuk ibu rumah tangga adalah makanan dan minuman. Anda bisa mengasah keterampilan memasak dengan menerima pesanan makanan. Bidang kuliner adalah jenis usaha yang sangat manis untungnya karena perputarannya sangat cepat. Mengingat makanan adalah kebutuhan pokok yang selalu dibutuhkan manusia.

Anda bisa membedakan usaha kuliner dalam skala besar dan juga kecil. Pada skala kecil, Anda bisa menerima pre order makanan dan minuman secara khusus. Misalnya saja kue ulang tahun, jajanan tradisional, atau khusus makanan khas seperti pempek. Karena skalanya kecil modal yang dibutuhkan tidak banyak, peralatan masak pun bisa menggunakan seadanya di rumah.

Baca Juga  Informasi Terlengkap Jasa Catering di Jakarta Hingga Menunya

Bisa juga membuka usaha sampingan kuliner yang skalanya lebih besar seperti jasa katering. Jika ingin membuka katering maka modal yang lebih besar patut dipertimbangkan, tapi Anda juga bisa melakukannya pada tahapan awal dari rumah. Misalnya saja dengan membuka katering makanan sehat sehari-hari atau makanan untuk diet. Kelebihan dari jasa catering adalah karena pesanannya kontinu dan skalanya besar maka untungnya juga tinggi.

Apabila tidak bisa memasak tapi ingin tetap berjualan makanan? Caranya mudah, Anda bisa memasarkan produk dari catering Dapur Patriot. Bekerja sama dengan Dapur Patriot untuk membangun usaha sampingan sangat menguntungkan. Ada banyak pilihan menu makanan tradisional hingga western untuk catering harian atau acara khusus. Anda juga bisa memesan snack untuk kebutuhan acara rapat di kantor atau arisan.

Ada banyak bukan ide usaha sampingan yang menguntungan? Terlebih lagi semua dilakukan dari rumah. Anda tak perlu banyak modal untuk bisa memulainya.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI