Tepung Hunkwe – Hayo siapa yang suka dengan jajanan pasar yang rasanya manis? Pastinya semua orang sangat suka. Banyak yang mengenal jajanan tradisional menggunakan tepung beras yang menimbulkan tekstur lengket namun legit. Ditambah dengan pewarna dan essence membuat tampilannya cantik serta harum.

Namun tidak semua jajanan pasar selalu menggunakan tepung beras, ada juga tepung ketan putih yang biasa digunakan untuk pembuatan mochi. Tepung ketan putih lebih lengket dibandingkan tepung beras serta lebih memiliki aroma harum walaupun tidak ditambah essence. Tak ketinggalan satu lagi jenis tepung yang menciptakan tekstur kenyal yaitu tepung hunkwe.

Jenis tepung ini juga cukup sering digunakan untuk membuat kudapan baik itu jajanan tradisional, minuman hingga es. Seperti apakah tepung hunkwe? Bagaimana cara membuatnya dan aneka kudapan apa saja yang bisa dibuat menggunakan tepung ini? Simak selengkapnya sampai akhir.

Apa Itu Tepung Hunkwe?

Apa Itu Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe juga dikenal oleh orang asing dengan mung bean flour. Jika tepung beras dan tepung ketan berasal dari beras dan ketan yang dihaluskan, tepung hunkwe terbuat dari kacang hijau. Tepung ini bukan hanya terkenal dan banyak digunakan di Indonesia tetapi juga di seluruh Asia.

Anda bisa membelinya di pasar atau supermarket dengan harga sekitar 20 ribuan. Memang sedikit mahal harganya mengingat tepung hunkwe dijual dalam kemasan lebih kecil. Tepung ini dikemas dengan menggunakan kertas dan dibentuk silinder yang dicap merk hunkwe. Tekstur dari tepungnya sendiri lebih licin dan warnanya putih, bisa dibilang sangat mirip dengan tepung sagu tetapi tidak berbau asam.

Ketika dimasak tepung ini tidak memiliki warna, jadi supaya kudapan menjadi menarik perlu pewarna tambahan. Aroma yang dikeluarkan pun lebih harum dibandingkan tepung ketan. Sehingga tidak perlu terlalu banyak essence untuk membuatnya wangi. Tak hanya harum, ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dari tepung ini.

Baca Juga  Jenis-Jenis Kue Lebaran Jadul Sampai Modern yang Wajib Ada

Kandungan nutrisi di dalamnya seperti protein, fiber, manganese, iron zinc, dan masih banyak lainnya tersebut mirip dengan nutrisi dalam tauge. Mengingat kacang hijau adalah biji yang digunakan untuk tanaman tauge jadi manfaatnya kurang lebih sama. Ada begitu banyak antioksidan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tepung hunkwe juga bermanfaat dalam mencegah diabetes tipe 2 karena mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Ketika dikonsumsi, makanan ini sangat mudah untuk dicerna. Karena itu juga, hunkwe sering dijadikan bahan utama pembuatan snack anak balita serat makanan pendamping ASI.

Cara Membuat Tepung Hunkwe Sendiri di Rumah

Cara Membuat Tepung Hunkwe

Karena harga dari tepung hunkwe cukup mahal, maka seringkali untuk membuat kudapan yang dijual dicampur dengan jenis tepung lain seperti tepung sagu dan maizena. Sayangnya jika dicampur tekstur yang didapatkan tidak sekenyal seperti menggunakan hunkwe secara utuh. Belum lagi menghilangkan aroma asam dari tepung sagu cukup sulit.

Padahal tepung hunkwe adalah jenis tepung yang paling mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Cukup mempersiapkan bahan utama yaitu kacang hijau, food processor serta saringan. Berikut ini langkah-langkah membuat tepung hunkwe sendiri.

Siapkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih, kemudian rendam kacang hijau dalam waktu 24 jam. Jumlah air harus 4 kali lipat dari banyak kacang hijau yang digunakan.

Baca Juga  Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng dalam Bahasa Indonesia

Selesai perendaman buang airnya kemudian cuci bersih kembali. Remas-remas kacang supaya kulit yang berwarna hijau terkelupas dan tersisa bagian dalam kacang yang berwarna putih. Pastikan tidak ada sisa kulit dan cuci bersih.

Sangrai kacang hijau hingga kering kemudian haluskan menggunakan food processor. Saring kacang hijau yang sudah halus menggunakan saringan yang sangat lembut supaya terbentuk tepung yang bagus. Untuk penyimpanan, gunakan wadah yang kedap udara dan simpan di tempat kering.

Mudah bukan untuk membuat tepung hunkwe sendiri di rumah? Kini Anda bisa membuatnya sendiri tanpa bahan pengawet apapun dan bisa langsung dimasak.

Aneka Makanan yang Menggunakan Tepung Hunkwe

resep tepung hunkwe

Image: Merdeka.com

Ada banyak olahan makanan yang memanfaatkan tepung hunkwe. Di Indonesia pengolahannya lebih ke arah jenis-jenis kudapan yang manis hingga es. Namun di negara Asia lainnya seperti China dan Korea tepung ini diolah menjadi mie atau pangsit.

Kira-kira kudapan apa yang akan Anda buat menggunakan hunkwe? Berikut ini aneka olahan tepung hunkwe dalam pembuatan jajanan lengkap beserta dengan resepnya.

1. Ongol-Ongol

Kudapan yang berasal dari Jawa Barat ini menggunakan bahan utama tepung sagu yang dimasak kemudian diberikan pewarna seperti merah, kuning dan hijau. Setelah dimasak kemudian dicetak dan ditaburi kelapa parut. Ketika dimakan akan ditambahkan dengan saus gula jawa.

Tak disangka panganan ini justru lebih legit ketika digantikan dengan tepung hunkwe sehingga tekstur yang didapatkan lebih kenyal dengan aroma wangi. Cara pembuatannya pun sangat mudah.

Bahan-bahan :

1 bungkus tepung hunkwe
250 gram kelapa parut kasar
120 gram gula pasir
150 gram gula merah
½ sdt garam
800 ml air

Cara membuat :

Kukus parutan kelapa kasar yang sudah ditambah dengan sedikit garam. Kukus selama 15 menit.

Bagi dua kelapa yang sudah dikukus, satu bagian ditaburkan ke dalam loyang cetakan ongol-ongol secara merata.

Rebus gula pasir bersama gula merah, air hingga larut, matikan api dan dinginkan.

Tuang tepung hunkwe ke dalam wadah kemudian air gula yang sudah dingin. Aduk hingga merata baru masak kembali diatas api kecil hingga mendidih.

Tuang adonan tepung hunkwe ke dalam cetakan berisi kelapa. Taburkan sisa kelapa ke bagian atasnya sambil ditekan-tekan.
Dinginkan adonan hingga berubah menjadi kenyal, potong-potong dan ongol-ongol siap untuk disajikan.

2. Es Gabus

aneka olahan tepung hunkwe

Images: lifestyle.okezone.com

Selain kudapan manis, hunkwe juga bisa dijadikan es. Es gabus adalah jenis es tradisional dengan warna pelangi. Dulunya terbuat dari tepung sagu, namun karena aromanya asam kemudian diganti dengan tepung hunkwe yang lebih harum. Tekstur es ini menjadi lebih lembut karena menggunakan tepung dibandingkan dengan es lilin yang hanya terbuat dari air.

Cara membuatnya pun sangat mudah dengan tambahan santan supaya muncul sedikit rasa gurih. Berikut ini resep tepung hunkwe yang diolah menjadi es gabus.

Bahan-bahan :

200 gram tepung hunkwe
100 ml santan cair
150 gram gula pasir
1 bungkus kecil vanili
½ sdt garam halus
Pewarna kuning, hijau dan merah
Plastik untuk membungkus

Cara membuat :

Campurkan bahan seperti tepung, gula pasir, santan, dan vanili kemudian bagi menjadi tiga bagian.

Berikan pewarna makanan yang berbeda pada satu per satu adonan.

Masak semua adonan secara terpisah hingga mengental di atas api kecil dan dinginkan.

Cetak ke dalam loyang satu per satu adonan hingga warna menumpuk.

Dinginkan dalam freezer supaya membeku, kemudian potong-potong sesuai selera dan bungkus dengan plastik.

3. Nagasari

kue Nagasari

Image: craftlog.com

Kudapan yang sangat terkenal di Jawa ini dibungkus dengan daun pisang, menggunakan adonan tepung beras dan di dalamnya berisi pisang raja.

Rasanya sangat manis dan bisa di sajikan selagi dingin atau hangat. Adonan dari tepung beras kini bisa diganti dengan tepung hunkwe supaya lebih wangi dan bergizi, Teksturnya juga lebih kenyal yang akan membuat ingin makan banyak.

Cara pembuatan nagasari dari tepung hunkwe cukup mudah, ikuti resepnya berikut ini:

Bahan-bahan :

100 gram tepung hunkwe
500 ml santan cair
3 buah pisang raja
6 sdm gula pasir
½ sdt garam
1 bungkus vanili
Daun pisang sebagai pembungkus

Cara membuat :

Kukus pisang dan potong kotak-kotak sedang sebagai isian.

Campur tepung dengan santan, gula,vanili serta garam dan aduk hingga merata.

Masak larutan tepung di atas api kecil hingga matang dan meletup.

Biarkan hangat baru bungkus dengan isian pisang ke dalam daun pisang.

4. Es Selendang Mayang

Es Selendang Mayang

Image: matakota.id

Es selendang mayang adalah salah satu minuman khas Betawi yang kini sudah sangat jarang ditemui. Jika ingin mencobanya Anda harus membuat sendiri. Caranya mirip dengan pembuatan es gabus hanya saja adonan tidak dibekukan. Ikuti cara pembuatannya berikut.

Bahan-bahan :

200 gram tepung hunkwe
1 liter air
Pewarna merah, hijau dan kuning
500 ml santan cair
1 sdt garam halus
1 lembar daun pandan

Bahan saus :
200 gram gula merah
2 liter air
1 lembar daun pandan

Cara membuat :

Aduk tepung dengan air hingga merata. Bagi menjadi tiga bagian kemudian berikan pewarna.

Masing setiap adonan hingga meletup kemudian tuang ke dalam loyang satu per satu biarkan dingin.

Masak santan cair yang ditambah dengan garam dan daun pandan hingga mendidih.

Masak bahan saus di dalam api kecil hingga mendidih dan semua gula mencari.

Potong-potong selendang mayang yang sudah dingin, letakkan dalam gelas. Tuang kuah santan yang sudah dingin dan saus gula. Berikan es batu.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI