Susunan Acara Resepsi Pernikahan di Gedung – Sudah tak sabar untuk menanti hari H pernikahan? Atau jangan-jangan kamu masih belum siap mental? Hayoo tinggal beberapa hari pernikahanmu pastinya semua sudah dipersiapkan. Dari acara tunangan, akad nikah hingga resepsi. Mau itu acara yang diselenggarakan besar-besaran atau sederhana bukan masalah, karena yang terpenting adalah kamu sudah sah.

Nah bagi kamu yang masih belum melakukan persiapan karena dalam hitungan bulan, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa saja acara yang nantinya diselenggarakan. Rangkaian acara pernikahan juga bukan sekedar resepsi saja seperti yang selama ini kamu datangi. Ada rundown di masing-masing acara yang benar-benar harus diketahui oleh kedua mempelai serta seluruh panitia yang bertugas.

Apalagi jika kamu hendak menyelenggarakan acara akad dan resepsi di hari yang berbeda maka susunan acara harus jelas. Walaupun nantinya semua acara diselenggarakan oleh wedding organizer, tapi tetap saja susunan acara harus diketahui untuk meminimalisir kesalahan. Baik itu akad di masjid, KUA, gedung atau di rumah serta susunan acara resepsi pernikahan di gedung harus dihafalkan kedua mempelai.

Contoh Susunan Acara Akad Nikah

susunan acara pernikahan di gedung

Dibandingkan acara resepsi, acara akad nikah adalah yang paling penting karena di sinilah upacara untuk mengikat kedua mempelai berlangsung. Jika acara akad gagal maka pernikahan pun bisa batal. Bahkan ada juga yang hanya melangsungkan akad pernikahan tanpa mengadakan resepsi. Proses akad juga yang seringkali membuat kedua mempelai gugup.

Baca Juga  Pilihan Menu Pesta Pernikahan di Rumah yang Wajib Ada

Supaya lancar biasanya calon pengantin pria akan berlatih untuk mengucapkan ijab kabul sebelumnya supaya pada hari H tidak salah pengucapannya. Jika salah maka pengantin pria harus mengulanginya. Tak hanya acara ijab kabul tetapi ada susunan acara yang harus dilaksanakan. Apa saja itu? Berikut ini rundown acara akad nikah.

1. Pengecekan terakhir

Sebelum memulai acara semua keluarga dari kedua calon pengantin harus ada di tempat terselenggaranya akad nikah. Semua harus dalam keadaan siap serta semua saksi, penghulu dan MC yang akan menjadi pembawa acara.

2. Pembukaan

Pembawa acara akan membuka acara dengan mengucapkan salam, dalam agama islam akan menggunakan pembukaan dengan surat Al-Fatihah atau bismilah. Kemudian semua pihak keluarga akan disebutkan namanya satu per satu khususnya hanya pada kedua orang tua mempelai.

3. Sambutan dari keluarga calon pengantin pria

Acara dilanjutkan dengan sambutan yang diberikan oleh perwakilan dari keluarga pengantin pria kepada keluarga calon wanita.

4. Sambutan dari keluarga calon pengantin wanita

Selesai sambutan dari pihak pengantin pria, maka dilanjutkan dengan sambutan balasan dari wakil keluarga calon pengantin wanita.

5. Serah terima

Jika sambutan dari kedua mempelai selesai maka dilanjutkan dengan acara serah terima berupa jabat tangan yang dilakukan kedua keluarga. Artinya adalah kedua keluarga saling menerima calon pengantin.

6. Seserahan

Biasanya pengantin pria akan membawa beberapa seserahan yang sudah dipersiapkan. Setelah acara serah terima selesai, seserahan akan diserahkan oleh ibu calon pengantin pria ke pihak ibu pengantin wanita.

Baca Juga  Penyedia Paket Catering Pernikahan Jakarta Recommended

7. Simbolis penerimaan pengantin pria

Calon pengantin pria akan diterima oleh keluarga pengantin wanita dengan dikalungkan bunga melati dan membawanya ke tempat akad nikah berlangsung.

8. Ijab kabul

Setelah semua keluarga, penghulu, saksi dan pengantin pria masuk ke ruangan maka acara ijab kabul akan dilaksanakan. MC akan membuka acara dan dimulai dengan pembacaan Al Quran surat Annisa ayat 1 beserta surat Ar Rum ayat 21. Kemudian barulah calon pengantin masuk ke ruangan, tapi ada juga yang dilangsungkan di mana pengantin wanita berada di ruangan terpisah. Acara pun dimulai oleh penghulu.

9. Doa pernikahan

Penghulu akan melanjutkan dengan doa akad nikah setelah acara ijab kabul dilangsungkan dengan lancar. Bisa juga doa nikah dipimpin oleh pemuka agama khusus yang diundang atau merupakan kerabat dari keluarga pengantin.

10. Serah terima mahar

Barulah setelah selesai doa nikah, serah terima mahar dapat dilakukan dan pasangan pengantin akan saling memasang kan cincin. Kemudian buku nikah akan ditandatangani dan diserahkan oleh penghulu ke kedua mempelai.

11. Sungkeman dan foto bersama

Acara terakhir yang dilangsungkan adalah sungkeman kepada kedua orang tua mempelai satu per satu yang dilakukan dengan hikmat. Selesai sungkeman acara sesi foto bersama serta kedua mempelai dilangsungkan.

Cukup simpel bukan susunan acara nikah yang diselenggarakan? Tapi jika berjalan dengan lancar tentunya kedua pengantin akan sangat merasa senang.

Contoh Susunan Acara Resepsi Pernikahan di Gedung

rundown acara akad nikah

Acara resepsi adalah perayaan yang dilakukan oleh mempelai kepada tamu baik itu tetangga, teman mempelai pengantin atau teman orang tua pengantin, hingga keluarga jauh. Inti dari acara resepsi adalah untuk pesta yang mengumumkan dengan jelas bahwa dua orang telah melakukan pernikahan secara resmi.

Perayaan resepsi biasanya dilakukan dengan prosesi adat dari masing-masing daerah. Tapi ada juga yang dilaksanakan dengan lebih santai seperti pernikahan ala Barat. Apapun acara yang dipilih tetap ada rundown acara yang dibuat. Baik itu susunan acara pernikahan di gedung atau di rumah tidak ada bedanya karena yang penting adalah acara apa saja yang hendak diselenggarakan.

Biasanya karena permintaan orang tua, acara pernikahan tradisional secara adat lebih sering dipilih. Acara resepsi sendiri berlangsung dua hingga tiga jam, tapi ada juga yang lebih karena dibagi ke dalam dua sesi sesuai dengan tamu yang diundang. Susunan acara resepsi yang bisa jadi gambaran adalah sebagai berikut :

1. Pembukaan

Acara dibuka ketika kedua mempelai belum masuk ke dalam ruangan dan dilakukan oleh MC. Biasanya rombongan kedua mempelai akan menunggu di pintu masuk gedung untuk dipersilahkan masuk oleh MC. MC juga akan menjelaskan nama keluarga dan mempelai yang melangsungkan pernikahan serta prosesi akad nikah yang berjalan lancar.

2. Kirab pengantin

Selesai pembukaan oleh MC rombongan pengantin beserta keluarga akan masuk ke dalam gedung. Prosesi ini akan diiringi dengan musik tradisional serta MC. Semua rombongan yang sudah masuk akan duduk ke pelaminan baik itu pengantin dan kedua orang tua mempelai.

3. Sambutan

Setelah semua duduk maka sambutan dilakukan oleh wakil dari kedua keluarga sebagai ucapan terimakasih kepada semua panitia dan berjalannya acara dengan lancar.

4. Doa

Doa akan dipimpin oleh pemuka agama atau wakil yang telah disiapkan.

5. Ucapan selamat kepada kedua mempelai

Selesai doa, semua tamu yang hadir dan telah menunggu bisa mengucapkan selamat kepada kedua mempelai pengantin dengan menyalami dan naik ke atas pelaminan. Setelah itu tamu bisa langsung menikmati hidangan yang telah tersaji.

6. Hiburan

Acara hiburan akan dimulai bersamaan dengan ucapan selamat para tamu undangan. Hiburan bisa berupa tarian atau nyanyian yang juga bisa dibarengi dengan sesi foto para tamu dengan kedua mempelai.

Tips Menyelenggarakan Resepsi Pernikahan Dana Terbatas

Menu Paket Catering Pernikahan Jakarta

Jika dilihat dari kedua jenis acara di atas, acara resepsi adalah yang paling banyak menghabiskan dana. Apalagi jika resepsi diselenggarakan di gedung, otomatis kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk sewa gedung. Nah bagi kamu yang memiliki budget terbatas tapi tetap ingin menyelenggarakan resepsi dengan banyak tamu undangan, bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Memilih hari resepsi yang tepat

Kapankah hari resepsi bisa dilaksanakan supaya hemat budget adalah saat hari biasa atau hari kerja. Pastikan juga bahwa kamu memilih di saat belum musim pernikahan. Tentunya gedung, dan vendor pernikahan lainnya akan memberikan diskon. Ditambah lagi jadwal setiap vendor tidak akan sepadat saat musim pernikahan dan weekend.

2. Memilih tema pernikahan yang simpel

Ada begitu banyak tema yang bisa dipilih, nah untuk supaya hemat budget kamu bisa memilih tema yang simpel. Misalnya tema vintage atau shabby chic yang sebagian besar memanfaatkan dekorasi dari bahan bekas tentunya tidak mahal. Kamu juga bisa memilih acara tema tersebut di luar ruangan yang tidak terlalu banyak dekorasinya.

Baca Juga  Informasi Terlengkap Jasa Catering di Jakarta Hingga Menunya

3. Tak perlu membeli gaun pengantin

Gaun pengantin memang sangat memberikan kenangan dalam hidup, tapi kamu tak perlu membelinya. Kini sudah banyak tempat sewa gaun pengantin yang bisa kamu pilih. Selain lebih murah kamu juga tidak kerepotan untuk menyimpan di kemudian hari. Bukankah gaun itu tidak akan digunakan kembali?

4. Pilih souvenir DIY

Souvenir terlihat seperti benda yang kecil tapi jika tidak dipilih dengan benar, akan memakan banyak biaya karena jumlahnya ratusan sesuai dengan tamu yang diundang. Untuk meminimalkan biaya souvenir kamu bisa memilih produk DIY. Misalnya saja sabun, lilin, atau benda yang justru unik lainnya.

5. Menggunakan paket dari vendor pernikahan

Ingin lebih hemat budget lagi? Kamu bisa memilih paket untuk resepsi dari vendor pernikahan. Paket ini sudah menyediakan make up, sewa gaun pengantin, dekorasi, dokumentasi hingga catering. Dalam satu paket kamu hanya perlu memilih jenisnya sesuai dengan tamu undangan saja. Dengan begitu kamu tak perlu bingung lagi menentukan semuanya dari awal bukan?

6. Pilih menu yang disukai oleh tamu

Seringkali budget resepsi paling banyak habis untuk menu catering pernihakan. Padahal selesai acara pastinya ada banyak makanan yang tersisa. Nah untuk itu kamu harus menyeleksi hidangan yang benar-benar disukai oleh tamu.

Kamu bisa menentukannya sesuai dengan siapa tamu undangan. Misalnya kebanyakan adalah orang tua yang suka dengan makanan tradisional, maka hidangan khas daerah bisa lebih banyak dipilih.

Menggunakan vendor pernikahan akan lebih menghemat biaya. Bahkan semua susunan acara resepsi pernikahan di gedung atau di rumah juga akan dibuat sesuai dengan pertimbangan pengantin. Jadi kamu tidak perlu lagi banyak bekerja untuk menyelenggarakan pesta dan saat hari H kamu dan keluarga bisa bersenang-senang.

Kamu bisa memilih Dapur Patriot sebagai vendor pernikahan karena di sini kamu akan mendapatkan kualitas terbaik. Mulai dari persiapan penyelenggaran hingga acara selesai. Acara resepsi yang ditangani oleh profesional di bidangnya tentu akan lebih berkesan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI