Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder – Apakah baking soda bisa diganti dengan baking powder untuk membuat kue? Sebelum menjawab iya atau tidak, sebaiknya kenali dulu fungsi dari masing-masing dan perbedaannya. Seringkali ketika hendak memasak kue, baking soda atau baking powder dibutuhkan. Karena memiliki nama yang hampir mirip, kebanyakan orang menganggapnya sama.

Kedua bahan untuk kue ini memang memiliki peranan yang sama yaitu membuat kue jadi mengembang sehingga rasanya empuk. Tapi pernahkah kamu mengalami hasil yang tidak sesuai padahal sudah menggunakan pengembang sesuai anjuran resep. Bisa saja adonan tidak mengembang karena salah menggunakan baking soda bukan baking powder bahkan sebaliknya.

Supaya lebih cermat dalam memasak kue dan hasilnya sempurna, kenali dulu apa perbedaan baking soda dan baking powder. Karena walaupun memiliki istilah yang sama namun keduanya memiliki efek yang berbeda loh.

5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

perbedaan baking soda dan soda kue

Apabila dilihat dari istilahnya baking soda memiliki nama lain yaitu soda kue. Jika membedakannya dari nama maka akan menghindari kesalahan ketika membeli. Apalagi warna dari keduanya ini sama-sama putih bubuk.

Ada berbagai jenis kue yang bisa dibuat seperti chiffon cake, muffin, bolu yang semuanya menggunakan jenis pengembang berbeda. Kamu tentunya tak ingin dong membuat chiffon cake tapi jadinya bantat alias keras.

Kesalahan penggunaan baking soda dan soda kue terlihat sepele, tapi akan sangat menentukan hasil akhir kue. Kamu juga yang rugi karena sudah capek-capek membuat kue dengan bahan yang tidak murah seperti telur, keju, tepung, dll tapi hasilnya mengecewakan. Biar tidak kecewa dengan hasilnya, cermati perbedaan baking soda dan soda kue berikut ini.

1. Perbedaan dari Kandungannya

Dilihat dari kandungannya baking powder adalah bahan pengembang yang terbuat dari natrium bikarbonat serta dicampur bahan asam. Bahan asam yang digunakan seperti sodium asam pirofosfat, cream of tartar hingga bahan pengemulsi.

Jika baking powder dicampur bahan tambahan, berbeda dengan baking soda. Soda kue tidak menggunakan bahan tambahan apapun alias murni terbuat dari natrium bikarbonat. Dilihat perbedaan dari kandungannya ini berarti bahan dasar baking powder sebenarnya adalah baking soda tapi dicampur dengan bahan asam.

2. Perbedaan Kekuatan Pengembang

Ini yang paling penting yaitu kekuatan dari masing-masing, coba tebak dari keduanya manakah yang mampu membuat kue mengembang lebih baik? Jawabannya adalah baking soda. Alasannya karena bahan yang digunakan adalah 100% natrium bikarbonat tanpa campuran bahan asam lainnya.

Pada saat kue dipanggang maka proses mengembang akan lebih cepat karena mampu menghasilkan karbondioksida. Sehingga hasilnya kue menjadi lebih mengembang dan juga empuk. Walaupun tidak menciptakan kue yang terlalu mengembang, tapi tekstur kue dari baking powder juga tetap empuk walaupun sedikit padat.

3. Perbedaan Cara Menggunakan

Perlu diingat juga bahwa penggunaan baking soda dan soda kue cukup berbeda. Adonan kue yang sudah dicampur dengan baking soda harus segera dipanggang atau dikukus. Apabila dibiarkan kelamaan di luar maka adonan tidak akan mengembang.

Selain itu, karena hanya memiliki kemampuan pengembang single action, baking soda perlu digunakan pada jenis kue yang memiliki bahan asam. Contohnya saja roti yang di dalamnya memiliki proses fermentasi sehingga menjadi adonan asam yang membutuhkan baking soda.

Baking powder sendiri bisa lebih mudah digunakan karena kemampuan mengembangnya terjadi dalam dua tahap. Adonan bisa didiamkan di luar ruangan agak lama dan sebaiknya gunakan baking powder double action. Proses pengembangan terjadi saat menjadi adonan dan dimasak. Oleh karena itu, baking powder lebih cocok digunakan pada jenis kue yang cepat dimasak seperti bolu atau muffin.

Baca Juga  Bingung Pilih Snack Sore untuk Meeting? Pesan Ini Saja

4. Perbedaan Rasa Kue

Kue yang dihasilkan juga akan memiliki rasa yang berbeda, jadi kamu tidak bisa sembarangan untuk memilih pengembang. Kamu pasti pernah merasakan kue yang sudah memiliki tekstur empuk dan lembut tapi kok rasanya pahit seperti menggunakan pemanis buatan. Rasa pahit bukan dihasilkan dari pemanis buatan tetapi karena si pembuat kue menggunakan baking soda dalam jumlah berlebihan.

Ketika baking soda digunakan pada kue dan jumlahnya terlalu banyak akan menimbulkan rasa pahit. Oleh karena itu penggunaannya tidak boleh berlebihan dan hanya bisa digunakan pada adonan kue yang memiliki bahan asam. Bahan asam inilah yang berfungsi untuk menyamarkan rasa pahit.

Kamu tidak perlu khawatir ketika menggunakan baking powder, karena dibuat dengan tambahan bahan asam langsung dari pabriknya rasa pahit tidak akan muncul. Walaupun kamu menggunakannya sedikit berlebihan, rasa pahit tetap saja tidak terasa. Rasa yang dihasilkan netral jadi kue apapun yang kamu buat akan tetap enak.

5. Bisakah Keduanya Digantikan?

Perbedaan baking soda dan soda kue yang selanjutnya adalah keduanya tidak bisa sembarangan diganti dengan pengembang lainnya. Apabila tidak memiliki baking soda di rumah, baking powder bisa digunakan untuk menggantikan. Tapi perlu diingat, penggunaannya harus sesuai takaran karena adonan sendiri sudah memiliki bahan asam.

Pengganti ini hanya berlaku untuk baking powder saja tetapi tidak bisa digunakan sebaliknya. Baking soda tidak bisa menjadi pengganti baking powder karena adonan kue tidak memiliki bahan asam. Maka kue akan terasa sangat pahit dan proses mengembangkan tidak sempurna.

Tapi bagaimana jika tidak memiliki keduanya? Apabila kamu tidak menemukan baking soda dan baking powder bisa menggunakan tepung self raising. Tepung ini memiliki kandungan garam dan juga baking powder. Apabila sudah menggunakan tepung ini tak perlu lagi menambahkan pengembang apapun.

Hanya saja tepung self raising memiliki harga yang cukup mahal. Bukan masalah jika kamu ingin membuat kue untuk konsumsi sendiri tetapi jika ingin dijual harus dipertimbangkan kembali.

Tips Membuat Kue supaya Mengembang dengan Baik

Tips Membuat Kue supaya Mengembang dengan Baik

Setelah mengetahui perbedaan perbedaan baking soda dan baking powder kamu harusnya tak salah lagi memilih mana yang harus digunakan. Artinya kue yang dimasak harus sudah bisa mengembang dengan sempurna. Tapi bukan hanya pengembang saja yang menjadi faktor keberhasilan.

Supaya tidak gagal dalam membuat kue yang empuk dan lembut, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

1. Telur dan Mentega masih dingin

Setiap resep kue pasti menyarankan untuk menggunakan bahan telur serta mentega yang memiliki suhu ruangan. Artinya jika kamu menyimpan bahan tersebut di lemari es harus dikeluarkan terlebih dahulu. Fungsinya supaya mudah diaduk dan mengemban. Bahan yang terlalu dingin tidak akan mengembang dan kaku sehingga membuat adonan bergerindil.

Baca Juga  Bingung Menentukan Menu Makanan Syukuran Rumah? Cek Di sini

2. Suhu oven terlalu rendah

Selalu ukur panas pada oven apabila kamu menggunakan oven kompor yang tidak memiliki pengaturan suhu. Oven yang tidak panas akan membuat adonan tidak langsung mengembang, apalagi jika menggunakan soda kue. Suhu juga harus stabil supaya adonan dapat mengembang dengan baik.

3. Bahan tidak sesuai takaran

Berbeda dengan memasak makanan seperti jajanan tradisional, membuat kue harus menggunakan bahan-bahan yang memiliki takaran tepat. Oleh karena itu penting sekali untuk menggunakan timbangan yang benar dan menakar selalu bahan sebelum mencampurnya.

Melalui tips dan perbedaan perbedaan baking soda dan baking powder ini kamu sudah pasti bisa membuat kue yang mengembang dengan baik. Mari memasak.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI