Menu Prasmanan Sederhana – Pesta pernikahan perlu dipersiapkan jauh-jauh hari agar terlaksana secara baik dan maksimal. Kamu pasti tidak ingin acara menjadi berantakan dengan alasan persiapan yang seadanya dan ala kadarnya.

Salah satu yang wajib dipersiapkan dari awal adalah menu prasmanan pernikahan. Bila anggaran yang kamu miliki terbatas, kamu dapat memilih menu prasmanan sederhana agar tidak menguras kantong.

Ada ratusan menu prasmanan yang disiapkan oleh penyedia jasa catering sehingga memusingkan kamu untuk memilihnya. Apalagi kamu harus menyediakan menu yang cukup banyak namun dengan budget yang minim. Disitulah tantangan saat menentukan menu untuk prasmanan, belum lagi menyesuaikan lidah orang-orang agar nantinya tidak kecewa dengan menu yang disajikan.

Menu Prasmanan Sederhana Pada Pesta Pernikahan

menu prasmanan nasi goreng

Menu prasmanan yang mudah diterima dan seringkali dijadikan pilihan oleh pasangan adalah makanan dari Indonesia. Pastinya mereka sudah familiar dengan rasanya dan biasanya harganya sangat terjangkau dibandingkan dengan makanan lainnya. Kalau kamu sadar, pasti kamu sering menemukan makanan-makanan ini di pesta pernikahan dan cocok untuk dipilih pada menu di pesta kamu.

1. Nasi Goreng

Kalau orang bilang Indonesia bilang sih, belum makan namanya kalau belum pakai nasi. Jadi menu ini wajib banget ada pada pesta jamuan makan, seperti pada resepsi pernikahan. Tapi gak harus nasi putih kok.

Selain nasi putih, kamu bisa memilih nasi goreng di untuk menu sederhana di pesta kamu. Nasi goreng ini bisa dibilang sangat menghemat, karena tidak membutuhkan banyak tambahan lauk. Jenis-jenis nasi goreng sendiri juga ada banyak variasinya. Apa aja ya?

– Nasi Goreng Kecap

Kalau ini sih sudah pasti semua orang menyukainya. Rasanya cenderung manis dan gurih. Biasanya nasi goreng kecap dipadukan dengan telur, bakso, suwiran ayam, serta beberapa sayuran hijau untuk menambah rasa dan tampilan warna.

– Nasi Goreng Hongkong

Kalau yang satu ini sedikit berbeda dan bukan khas dari Indonesia sebetulnya, tapi banyak disajikan dalam pesta pernikahan. Bila nasi goreng kecap rasanya cenderung manis, nasi goreng ini rasanya lebih gurih dan asin karena tidak menggunakan kecap.

Campurannya juga berbeda karena seringkali menggunakan seafood seperti udang, ikan, dan cumi-cumi ketimbang ayam. Nah untuk menambah cita rasanya, nasi goreng Hongkong akan menggunakan sayuran kering (jagung, kacang polong, wortel) sebagai pelengkap. Walaupun begitu, rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia ya.

Baca Juga  Informasi Terlengkap Jasa Catering di Jakarta Hingga Menunya

2. Mie Goreng

Aneh rasanya bila kamu tidak menyajikan mie goreng saat ada nasi goreng di menu kamu, karena keduanya bisa melengkapi satu sama lain. Satu yang pasti, cocok dijadikan menu prasmanan sederhana untuk resepsi pernikahan kamu.

Walaupun sama-sama mengenyangkan, biarkan para tamu memilih antara mie goreng atau nasi goreng. Mereka juga bisa memilih keduanya bila mereka mau. Itu juga merupakan salah satu cara menghemat biaya yang dikeluarkan untuk prasmanan. Agar mereka tetap bisa merasa kenyang dengan menu yang terbatas.

3. Bihun atau Soun Goreng

Bila menurutmu mie goreng terlalu berat karena sudah ada nasi goreng, maka bihun atau soun adalah pilihannya. Sama seperti nasi goreng, kedua jenis ini bisa dimasak dengan kecap atau tanpa kecap sesuai dengan kesukaan kamu nantinya.

Bagaimana bila ingin menyajikan bihun atau soun dan juga mie goreng? Tidak apa-apa. Tapi mengingat kamu mencari menu yang sederhana dengan budget seadanya, ada baiknya kamu memilih salah satu saja ya.

4. Sate

Murah dan tentunya mengenyangkan bagi para tamu. Sate ayam adalah satu menu khas Indonesia yang sudah sering ditemukan pada resepsi. Tidak harus dengan lontong loh, kamu bisa menyediakannya bersama nasi dan bahkan nasi goreng. Percaya deh para tamu pasti suka.

Namun, bila kalian memiliki budget lebih ada baiknya juga menyediakan lontong untuk menemani sate ayam dengan bumbu kacang yang khas. Karena memang perpaduan keduanya terasa lebih baik ketimbang dengan nasi. Tapi itu hanya pilihan ya.

5. Oseng Daging Cabai Hijau

Ini adalah salah satu makanan wajib yang ada dalam prasmanan sebenarnya. Namun, kamu bisa memilih salah satu di antara sate atau oseng daging cabai hijau, kecuali memiliki anggaran yang lebih ya. Walaupun begitu, rasa-rasanya oseng daging ini lebih cocok dengan nasi putih ketimbang nasi goreng. Tapi, kembali lagi dengan pilihanmu ya.

6. Sop Kimlo

Sop Kimlo berbeda dengan sop sayur seperti biasanya. Jadi, sop khas ini menggunakan bakso ikan, jamur, udang, bihun, dan sayur seperti wortel. Rasa yang dihasilkan juga tidak seperti sop ayam, karena sup kimlo memiliki cita rasa yang lebih kuat.

Eits, kalian jangan ketuker antara kimlo dan timlo ya. Keduanya adalah jenis sop yang berbeda. Kalau sup timlo adalah makanan sop khas Solo dengan kuah kaldu ayam yang pekat dan diisi sosis solo, soun, telur, serta jamur. Sedangkan kimlo adalah masakan dengan aliran Chinese.

Menu Gubukan

menu prasmanan pernikahan

Selain menu prasmanan sederhana di atas, kalian juga bisa menambahkan gubukan untuk camilan atau makanan pembuka sebelum menikmati nasi prasmanan. Tidak perlu terlalu banyak kamu bisa menyediakan 4 gubukan berbeda yang tentunya sederhana.

1. Selat Solo

Makanan khas Solo yang satu ini memiliki banyak penggemar. Selat Solo ini terdengar seperti Salad, namun kenyataanya hidangan ini sama sekali tidak cocok dikatakan Salado karena menggunakan daging sapi dengan kuah manis khas Jawa. Kalau orang Jawa sering bilang makanan ini sebagai Bistik Jawa. Uniknya lagi, makanan ini ternyata merupakan adaptasi dari makanan Eropa yang sudah disesuaikan kembali dengan cita rasa khas Surakarta.

Ada beberapa jenis yang bisa kamu temui. Yang pertama menggunakan daging rolade dan kedua menggunakan daging sapi has dalam ataupun. Selain itu, semuanya memiliki pelengkap yang sama yakni, telur, selada, kentang, wortel, buncis, dan saus mayo. Kuahnya sendiri terbuat dari bawang putih, kecap Inggris, dan kecap manis dengan bumbu pala dan merica. Kamu harus percaya bahwa gubukan ini akan selalu ramai antrian dan membawa kebahagiaan bagi para tamu.

Baca Juga  Butuh Jasa Catering Pernikahan? Simak 7 Tips Mencarinya

2. Siomay

Mungkin ini adalah salah satu gubukan yang pertama kali akan diserbu oleh para tamu, biasanya anak-anak. Untuk varian siomay sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari siomay itu sendiri, tahu, kembang kol, telur. Bila kamu mau, bisa juga tambahkan batagor agar lebih banyak lagi.

Nah agar memudahkan kamu dalam penyajian, ada baiknya sudah dibuat per porsi. Jadi, tidak seperti prasmanan pada menu utama yang membiarkan para tamu mengambil sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini juga bisa menghemat dan memastikan siomay tidak habis duluan ya.

3. Es Doger

Ada yang kurang rasanya kalau tidak ada es doger dalam sebuah pesta pernikahan. Jangan sampai kamu melupakan yang satu ini ya. Ini pasti dicari-cari banyak orang sebagai penutup dari semua makanan yang ada.

Bayangkan melihat para tamu berbahagia saat menyantap es doger yang dingin dengan lahap. Ditambah dengan puding warna-warna rasa buah yang disukai anak-anak maupun dewasa.

Bila kamu tidak suka es doger, bisa juga menyediakan es krim biasa dengan rasa-rasa yang berbeda, strawberry, coklat, dan vanilla. Namun tetap saja, es doger terasa lebih nikmat daripada es krim yang mudah kita jumpai di toko-toko kelontong

Sedangkan es doger sangat khas untuk disajikan dalam gubukan bersama menu prasmanan pernikahan lainnya. Setelah mendapatkan rekomendasi di atas, apakah kalian masih bingung dalam menentukan menu prasmanan sederhana untuk pesta pernikahan kalian?

Semoga tidak ya. Selain menu, kalian perhatikan lagi jumlah tamu yang akan diundang dan disesuaikan dengan anggaran yang kamu miliki. Jangan sampai menu prasmanan yang dipesan lebih sedikit sampai-sampai ada tamu yang tidak sempat makan. Hindari hal tersebut, bila mungkin lebihkan beberapa porsi dari jumlah yang ada.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI