Menu Pesta Pernikahan di Rumah – Melaksanakan pesta pernikahan seringkali menjadi pilihan yang hemat. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menyewa gedung pernikahan, apalagi menyewa ballroom di hotel. Pesta pernikahan yang dilangsungkan di rumah pun lebih khusyuk dan terasa lebih dekat, karena sebagian besar tamu yang hadir adalah keluarga.

Anda pun bisa melangsungkan acara yang sederhana atau mewah tergantung dengan budget yang dimiliki. Mulai dari memesan dekorasi, pelaminan hingga menu makanannya. Seringkali pasangan pengantin kebingungan ketika memilih menu makanan apa saja yang sebaiknya dihidangkan.

Supaya lebih mudah, Anda bisa memesan menu sesuai dengan budget dan juga jumlah tamu undangannya. Misalnya Anda hanya akan mengundang 150 orang maka jumlah porsi makanan yang harus dipersiapkan adalah 300 bahkan lebih. Anda bisa mengalikan dua jumlah tamu undangan. Serat menu pesta pernikahan di rumah pun tidak jauh berbeda ketika pesta di gedung. Mulai dari kudapan hingga makanan berat bisa dipilih.

Menu Pesta Pernikahan di Rumah yang Murah Meriah

menu pesta pernikahan di rumah

Lebih mudah untuk menentukan jumlah dan menu makanan sesuai dengan budget yang ada dan langkah inilah yang selama ini banyak dilakukan. Bagi Anda yang memiliki budget pas untuk melangsungkan pernikahan tak perlu khawatir dengan menu makanan. Saat ini sudah banyak sekali menu makanan yang murah meriah disediakan oleh vendor catering.

Walaupun murah, Anda juga tidak perlu khawatir soal kualitasnya karena juga pasti terjamin. Khusus untuk menu makanan pesta pernikahan murah meriah biasanya catering akan menyarankan untuk pesta secara prasmanan tanpa gubuk. Hidangan akan disajikan dengan buffet yang lengkap dari makanan berat hingga buah atau puding.

Jika Anda tak ingin direpotkan dengan pemilihan menunya, beberapa menu pesta pernikahan di rumah berikut ini sudah sangat mencukupi.

1. Nasi goreng

Selain nasi putih, hidangan tambahan nasi lainnya yang wajib ada adalah nasi goreng. Orang Indonesia sangat suka dengan nasi goreng dan saat ini sudah banyak sekali varian nasi goreng yang bisa dipilih. Misalnya saja nasi goreng hongkong yang lengkap dengan sayuran dan tidak terlalu pedas. Ada juga nasi goreng goreng ayam atau nasi goreng kampung yang isinya telur dan juga suwiran ayam.

2. Sup

Sup juga menjadi menu wajib yang ada di resepsi pernikahan. Sup akan memberikan kesegaran di antara menu makanan yang lainnya karena berkuah. Sup juga lebih banyak disukai oleh anak-anak. Aneka sup bisa dipilih dan disesuaikan dengan menu buffet secara keseluruhan. Pilihan menu sup adalah sup ayam jamur, sup ayam jagung, sup asparagus, sup bakso, sup brenebon, dll.

3. Sate ayam madura

Menu nusantara yang tak ketinggalan adalah sate ayam yang bisa disajikan dengan lontong atau hanya nasi putih saja. Satu ayam menjadi pilihan makanan yang disukai apabila tamu undangan kurang suka dengan menu yang lainnya dan bisa hanya menyantap sate saja. Hadirkan menu sate ayam madura yang lengkap dengan bumbu kacang yang manis gurih.

4. Ayam goreng/ Ayam bakar/ Ayam berbumbu

daftaf menu pesta pernikahan di rumah

Menu wajib yang satu ini tidak pernah dilewatkan, untuk setiap paket menu pernikahan di rumah selalu ada menu ayam. Baik itu ayam yang digoreng, dibakar atau dibumbu khusus. Anda bisa memilih sesuai dengan yang disukai.

Untuk menu ayam goreng bisa dipilih ayam goreng tepung, ayam goreng rempah, atau ayam goreng kremes. Untuk ayam bakar atau berbumbu bisa memilih ayam bakar bacem, ayam bakar taliwang, atau ayam betutu.

Baca Juga  Bingung Pilih Snack Sore untuk Meeting? Pesan Ini Saja

5. Mi atau Bihun goreng

Hidangan yang satu ini juga menjadi pilihan paket menu catering yang murah meriah. Olahan mi atau bihun goreng biasanya dimasak tidak pedas bersama dengan telur, sayur dan juga kecap. Cukup ringan dan bisa menjadi pilihan ketika tamu tidak ingin mengkonsumsi nasi karena mi atau bihun bisa menggantikan sumber karbohidrat.

6. Capcay

Di atas meja buffet selalu ada pilihan menu sayur namun yang pasti ada adalah menu capcay. Pada paket menu yang murah biasanya capcay dimasak berisi sayuran dan juga telur. Sayuran seperti wortel, jagung muda, buncis dan kembang kol menjadi bahan utamanya. Sedangkan untuk menu yang agak mewah akan ditambah dengan bakso atau udang.

7. Ikan fillet asam manis

Jika ingin menu buffet pernikahan lebih lengkap lagi, Anda bisa menambahkan menu ikan fillet asam manis. Untuk harga yang murah ditentukan dengan jenis ikan yang dipilih. Adanya menu ikan ini akan membantu tamu supaya tetap menikmati hidangan ketika mereka tidak mengkonsumsi daging ayam.

8. Olahan daging

Masakan daging bisa juga menjadi menu pesta pernikahan murah meriah dan dijadikan sebagai pengganti masakan ayam. Daging sapi bisa dimasak dengan bumbu lada hitam yang cukup modern bisa juga daging rendang yang lebih banyak disukai dan tradisional. Anda juga bisa memilih daging masak lainnya seperti daging teriyaki, daging masak terik, daging empal.

Untuk semua masakan yang murah meriah ini bisa Anda dapatkan asalkan memilih vendor catering yang berkualitas. Apalagi ketika memilih menu olahan daging, jika salah memasak saja daging akan terasa alot.

Tips Memilih Vendor Pernikahan yang Berkualitas

tips memilih vendor pernikahan

Masih banyak pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan di rumah dengan memasak makanan sendiri demi berhemat. Tapi kini Anda tidak perlu repot lagi untuk mengkoordinir orang untuk memasak dan menyajikan makanan, karena vendor catering sudah banyak yang bisa menanganinya. Terlebih lagi banyak paket menu pernikahan yang murah meriah.

Dengan catering Anda bahkan bisa menambahkan menu gubukan unik supaya lebih lengkap menu makanannya. Anda juga bisa memilih paket pernikahan lengkap sesuai budget. Nah untuk menemukan vendor pernikahan yang berkualitas perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Mencari referensi vendor sebanyak mungkin

Dapatkan informasi mengenai vendor pernikahan yang murah dari kerabat atau secara online. Carilah vendor yang juga dekat dengan lokasi tempat penyelenggaraan pernikahan atau dekat dengan rumah. Supaya tidak terlalu mahal dalam biaya transportasi. Setelah mendapatkan banyak referensi, dapatkan informasi dari paket yang tersedia sebanyak-banyaknya.

2. Memilih paket pernikahan lengkap sesuai budget

Ketika Anda sudah menentukan budget untuk menyelenggarakan acara pernikahan, maka sesuaikanlah dengan paket pernikahan yang ditawarkan.

Cara ini sangat efektif untuk menyeleksi beberapa vendor pernikahan. Pilih paket yang biayanya lebih murah dari budget yang telah disiapkan namun jangan lupa cek kelengkapannya seperti dekorasi, make up, sewa gaun, catering, dll.

Baca Juga  Butuh Jasa Catering Pernikahan? Simak 7 Tips Mencarinya

3. Mengecek portofolio vendor

Terakhir adalah seleksi dengan dilihat portofolio yang dimiliki vendor tersebut. Anda hanya perlu melihat contoh acara yang pernah diselenggarakan sebelumnya melalui dokumentasi. Cari tahu juga mengenai klien yang pernah menggunakan vendor tersebut sebelumnya sehingga Anda mengetahui kekurangan dan kelebihannya. Dari situ Anda akan mengenali profesionalitas yang diberikan.

Kini Anda tidak perlu lagi bingung menentukan vendor pernikahan serta menu pesta pernikahan di rumah apa yang harus dihidangkan. Dapur Patriot menyediakan paket pernikahan lengkap yang murah meriah untuk dilakukan di rumah. Anda tidak cukup menyediakan budget dan menyesuaikannya dengan paket yang telah disediakan.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI