Menu Nasi Kotak untuk Selamatan – Acara selamatan sudah tidak asing lagi diadakan di kalangan masyarakat manapun. Selamatan berasal dari bahasa Arab yaitu salamah yang artinya selamat dan bahagia sentausa. Bagi masyarakat Jawa, acara selamatan memiliki makna sebagai ungkapan syukur dan jauh dari malapetaka.

Biasanya masyarakat Jawa jaman dahulu ketika mengadakan selamatan akan mengundang kerabat dan juga tetangga. Acara diadakan di rumah dan berkumpul dengan hidangan nasi tumpeng di atas tikar yang lengkap bersama lauk pauknya. Hingga sekarang kegiatan selamatan masih dilakukan tapi yang berbeda adalah penyajian tumpeng.

Masyarakat modern lebih memilih hal yang praktis dan lebih memilih nasi box atau nasi kotak. Menu nasi kotak untuk selamatan pun bisa disesuaikan dengan budget dan selera. Walaupun ada yang berubah, tetapi tujuan utama yaitu bersyukur bersama biasanya tetap dilakukan. Sifat praktis nasi kotak tidak mengurangi tujuan selamatan jadi bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin menyelenggarakan acara syukuran apapun.

5 Keuntungan Acara Selamatan Menggunakan Nasi Kotak

nasi tumpeng jakarta

Hidangan saat acara syukuran adalah wajib, jika Anda tak ingin menyediakan tumpeng untuk setiap orang bisa menggantinya dengan nasi kotak. Jadi pada saat acara berlangsung bisa memesan satu nasi tumpeng besar yang dipotong saat acara dan nasi kotak untuk dibagikan.

Keuntungan memilih nasi kotak untuk acara selamatan bukan hanya sekedar praktis saja. Ada beberapa keuntungan lain yang akan didapatkan ketika memilih menggunakan nasi kotak untuk selamatan.

1. Menu yang bervariasi

Menu selamatan yang dipilih bukan hanya menu tumpeng klasik dengan lauk pauk yang sama tetapi bisa lebih bervariasi. Jika anda memesan di jasa catering biasanya terdapat pilihan menu untuk nasi kotak yang disesuaikan dengan jenis acara selamatan. Anda juga bisa request menu tertentu yang mungkin memiliki makna dan harus ada untuk disajikan.

2. Hemat biaya

Biaya selalu menjadi pandangan utama ketika hendak menyelenggarakan acara. Biasanya biaya untuk hidangan lebih banyak dibandingkan keperluan lainnya. Oleh karena itu jika Anda ingin hemat budget bisa memilih nasi kotak. Porsi dan pilihan menu bisa disesuaikan dengan biaya yang dimiliki karena ada banyak pilihan harga.

Baca Juga  7 Keuntungan Memesan Catering Depok untuk Menu Harian

3. Bersih dan higienis

Karena disimpan dalam kotak kardus yang tertutup rapat maka makanan pun akan terjaga kebersihannya. Nasi pun tidak akan kering seperti yang biasanya terjadi pada nasi tumpeng. Apalagi jika nasi kotak akan dijadikan hantaran maka akan tetap higienis ketika sampai pada penerima.

Supaya keuntungan nasi kotak untuk acara selamatan bisa lebih maksimal, sebaiknya pilih menu yang tepat dan juga tempat catering yang berkualitas.

Tips Memilih Menu Selamatan yang Enak dan Tepat

menu nasi kotak untuk selamatan

Menu tentu menjadi penentu apakah nasi kotak yang anda pilih cocok dengan acara dan enak rasanya. Ada banyak jasa catering yang menyediakan menu, tapi tentu saja hanya anda yang menentukan menu apa yang dipilih. Supaya tidak salah dalam menentukan menu, yuk ikuti tips memilihnya berikut ini.

1. Menu harus disesuaikan dengan acara

Acara syukuran yang diselenggarakan akan menentukan jenis menu makanan yang dipilih. Misalnya saja untuk acara syukuran ulang tahun anak, maka menu makanan yang tidak pedas bisa dipilih. Misalnya nasi putih dengan lauk ayam goreng, kering tempe atau orek teri, telur dadar iris, pisang atau jeruk, dan capcay.

Contoh lainnya adalah untuk menu syukuran kelahiran bayi bagi umat muslim biasanya adalah kambing. Ada banyak menu kambing yang dipilih seperti gulai, sate, kari kambing, tongseng kambing, dll. Beda lagi dengan menu selamatan pembukaan kantor atau selamatan rumah.

Menu yang dipilih untuk acara tersebut bisa memilih masakan Indonesia seperti nasi kuning dengan lauk ayam bakar, empal, kering tempe, mie goreng dan capcay.

2. Pilih menu makanan khas

Acara selamatan yang dekat dengan budaya juga bisa menghadirkan menu-menu makanan khas daerah. Apakah menu makanan khas di daerah anda bisa menjadi rujukan. Misalnya untuk daerah Jawa Barat menu nasi timbel yang isinya nasi dibungkus daun pisang dengan lauk ikan asin, tahu tempe goreng, ayam goreng dan sambal terasi.

Sedangkan bagi anda yang berasal dari Jawa Tengah bisa memilih menu nasi liwet. Nasi yang dimasak dengan santan menjadi nasi gurih dengan lauk telur puyuh dan suwiran ayam dan sayur labu siam. Beda lagi dengan menu nasi kotak untuk selamatan bagi warga di daerah Jawa Timur yang biasanya mengirim nasi pecel yang lengkap dengan ayam goreng.

Baca Juga  6 Menu Makanan Sehat ala Health’s Kitchen Jakarta

3. Sesuaikan nasi kotak dengan budget

Pilihan menu memang sangat penting, tapi yang tidak lupa adalah soal budget. Masalah ini bisa disesuaikan dengan memesan nasi kotak dengan porsi tertentu. Biasanya anda bisa memilih sesuai dengan ukuran kotak. Ukuran paling kecil biasanya 18X18 cm dan selanjutnya adalah ukuran 20X20 cm.

Anda juga bisa menyesuaikannya dengan jumlah orang yang diundang atau mendapat hantaran nasi kotak selamatan.

Pilihan Menu Nasi Kotak untuk Selamatan Lebih Berkesan

menu nasi kuning

Image: Sajiansedap,grid.id

Selain memilih menu selamatan dari jenis acara dan makanan khas daerah anda juga bisa dilihat referensi dari acara selamatan yang pernah diselenggarakan oleh kerabat lainnya. Ada beberapa jenis menu yang rasanya lezat dan disukai oleh banyak kalangan.

Ditambah lagi beberapa menu juga memiliki makna tersendiri untuk dipilih. Berikut ini menu nasi kotak untuk selamatan yang bisa dipilih dengan rasa enak.

1. Menu selamatan nasi kuning

Nasi kuning selalu menjadi acuan pertama ketika memilih nasi kotak untuk acara syukuran apapun. Mulai dari acara selamatan rumah, kantor baru, ulang tahun bahkan ritual lainnya. Nasi kuning lengkap disajikan dengan lauk pauk seperti telur dadar iris, kering tempe kacang, perkedel kentang, ikan teri dan sambal.

Dalam paket satu kotak nasi kuning biasanya juga dilengkapi dengan kerupuk dan buah pisang. Beberapa varian ada juga tempat catering yang menyediakan paket nasi kotak tumpeng mini yang cukup menarik untuk dipilih.

2. Menu selamatan nasi urap

Nasi urap adalah pilihan yang kedua banyak dipilih, biasanya menggantikan nasi kuning dan dibentuk tumpeng. Sayur urap menjadi menu wajib yang dibuat dari perpaduan aneka sayuran hijau, wortel dan tauge kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang telah dibumbui.

Untuk nasi urap, lauk pauk yang disajikan antara lain seperti tahu tempe goreng, ayam atau ikan goreng, telur rebus dan peyek kacang.

Baca Juga  7 Contoh Menu Prasmanan Hajatan, Nikmat dan Sederhana

3. Menu selamatan lontong opor

Apabila tidak ingin menu nasi, anda bisa menggantinya dengan lontong. Menu opor yang biasanya hadir saat hari lebaran juga sering dipilih untuk menu selamatan. Isian dari opor bisa bervariasi seperti suwiran ayam, ayam potong atau telur rebus. Kelezatan terdapat pada kuah kental bersantan dengan bumbu rempah.

Supaya rasanya pedas biasanya ditambah dengan menu sambal goreng kentang atau ati. Ada juga yang menambahkan sambal goreng dari daging giling yang dibentuk bola. Di atas irisan lontong ditambah dengan taburan bawang goreng yang membuatnya semakin sedap.

4. Menu selamatan nasi gulai kambing

Seperti yang sudah dijelaskan, menu gulai kambing sangat cocok untuk acara selamatan kelahiran bayi. Untuk anak laki-laki biasanya membutuhkan dua ekor kambing sedangkan anak perempuan satu ekor kambing. Daging kambing bisa dimasak bervariasi tapi menu yang paling sering dipilih adalah gulai kambing.

Dalam satu buah nasi kotak akan terdapat satu mangkuk gulai kambing, dua tusuk sate kambing, sambal goreng, acar timun dan tak lupa nasi putih.

5. Menu selamatan nasi langgi

Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini juga kerap kali menjadi hantaran nasi selamatan. Nasi langgi tepatnya berasal dari kota Solo yang isi menunya adalah nasi yang dimasak dengan santan menjadi nasi gurih. Lauk pauknya sangat bervariasi seperti sambal goreng kentang, telur dadar iris, serundeng, ayam goreng, osik daging dan juga sambal. Karena berasal dari Jawa Tengah maka cita rasa menu ini cenderung manis.

6. Menu selamatan ayam betutu

Dari Jawa Tengah, Anda juga bisa memilih menu nasi kotak selamatan khas Bali yaitu ayam betutu. Ayam yang dimasak dengan bumbu Bali ini memiliki cita rasa rempah yang khas. Satu paket nasi kotak biasanya berisi ayam betutu, nasi putih, sambal matah, telur bumbu Bali dan sayur daun singkong.

7. Menu selamatan ayam goreng Kalasan

Menu lainnya juga berasal dari Jawa Tengah yang sangat terkenal yaitu ayam goreng Kalasan. Keunikan dari ayam goreng kalasan adalah ayam diungkep dengan air kelapa sehingga sangat empuk dan bumbu meresap. Satu kotak nasi ayam goreng Kalasan biasanya berisi ayam, nasi putih, sambal terasi dan lalapan.

Inilah menu nasi kotak untuk selamatan yang bisa menjadi rujukan pilihan. Jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pilihan menu nasi kotak lainya bisa menghubungi langsung ke Dapur Patriot. Hubungi langsung ke nomor 0811-9006-005 untuk memesan, ikuti juga informasi pilihan menu di Instagram Dapur Patriot.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI