Menu Makanan Syukuran Rumah – Pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika menentukan menu makanan atau snack untuk arisan? Hal ini tak hanya Anda sendiri yang mengalami, tetapi banyak ibu rumah tangga lain yang sering merasakannya

Entah itu karena terlalu banyak pilihan menu yang diinginkan, tidak sesuai harganya atau merasa tidak ada jenis snack unik dan variatif. Semua bisa menjadi akar masalahnya.

Tapi jangan sampai acara syukuran rumah baru yang hendak Anda laksanakan beberapa hari mendatang tidak menyajikan hidangan yang lezat. Khusus untuk acara selamatan atau syukuran Anda harus mempertimbangkan menu makanan yang tepat. Bukan hanya snack yang dihidangkan tetapi sampai makanan yang mungkin saja dibawa pulang oleh tamu undangan.

Karena terlalu banyak pilihan, maka tidak heran jika Anda mengalami kebingungan ketika mencarinya. Kira-kira apa ya menu makanan syukuran rumah yang seharusnya dipilih? Jika terdapat menu yang enak apakah harganya mahal?.

Pastinya Anda juga harus menentukan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai berlebih dan banyak makanan sisa atau justru kurang karena Anda membeli makanan dengan harga mahal sehingga kuota yang didapatkan tidak banyak.

Tips Menentukan Menu Makanan Syukuran Rumah

Tips Menentukan Menu Makanan Syukuran Rumah

Supaya tidak salah memilih menu makanan Anda perlu mempersiapkannya sejak awal. Belum lagi dengan penyesuaian budget yang mungkin saja terbatas. Bagaimana Anda bisa menentukan menu dengan tepat? Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Sesuaikan menu dengan cara menghidangkan makanan

Bagaimana Anda akan melaksanakan acara juga bisa dijadikan patokan dalam pemilihan menu. Misalnya jika Anda hendak menyelenggarakan acara dengan prasmanan maka tak perlu membawakan menu makanan nasi box untuk dibawa pulang. Anda hanya membagikan menu snack dalam box untuk dibawa pulang atau di makan di tempat.

2. Sesuaikan dengan jumlah tamu dan ruangan

Menu makanan juga bisa disesuaikan dengan jumlah tamu yang diundang serta ruangan di rumah. Apabila ruangan terbatas dan tidak ada ruangan untuk melakukan jamuan prasmanan maka pilih menu makanan hantaran.

Anda bisa membagikan makanan setelah acara berlangsung. Namun jika sekiranya ruangan cukup dengan jumlah tamu maka Anda bisa mempertimbangkan melangsungkan acara jamuan prasmanan dengan menu yang lebih bervariasi lagi.

3. Sesuaikan dengan tradisi yang biasa dilaksanakan

Beda suku maka beda pula menu makanan syukuran yang biasa dipilih. Anda juga bisa memilih menu makanan sesuai dengan tradisi yang berlangsung di daerah rumah baru. Misalnya saja jika Anda tinggal di wilayah Jawa Tengah atau Yogyakarta maka menu tumpeng nasi kuning adalah wajib. Tapi jika Anda tinggal di Toraja olahan daging kerbau bisa menjadi pilihan.

Baca Juga  Informasi Terlengkap Jasa Catering di Jakarta Hingga Menunya

4. Menggunakan jasa catering supaya lebih praktis

Anda tidak ingin direpotkan untuk memasak makanan sendiri yang belum tentu rasanya enak? Sebaiknya pilihlah menu untuk syukuran rumah baru yang ada di tempat-tempat catering. Langkah ini bukan hanya sekedar untuk menghemat waktu dan energi tetapi juga menghemat kantong.

Melalui catering Anda cukup memesan makanan untuk beberapa orang tamu undangan dan sudah pasti dijual dalam bentuk paket. Harganya tentu lebih murah dibandingkan harus memasak sendiri di rumah.

Dengan mengikuti empat tips ini Anda akan lebih mudah menentukan menu makanan syukuran rumah yang sesuai. Ditambah lagi yang pastinya tamu undangan akan habis menyantap menu yang telah Anda sajikan karena sesuai dengan lidah mereka.

Pilihan Menu Makanan untuk Syukuran Rumah Baru

menu untuk syukuran rumah baru

Image: asrilwardhani.

Selanjutnya adalah kira-kira apa saja menu-menu yang menarik untuk disajikan? Anda sudah lebih mudah untuk menggunakan jasa catering dalam menyediakan makanan. Tapi ada beberapa menu di tempat catering yang mungkin saja harus Anda pilih

Apa saja kira-kira menu yang ditawarkan oleh tempat catering baik box atau prasmanan? Yuk simak beberapa menu makan syukuran berikut ini.

1. Tumpeng Nasi Kuning

Menu utama yang wajib ada saat syukuran rumah bagi penduduk di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah tumpeng nasi kuning. Nasi dimasak dengan santan yang telah diberikan bumbu kunir dan juga salam serta sereh

Nasi yang sudah matang kemudian dicetak dalam bentuk tumpeng yang disajikan dengan beberapa lauk pauk. Seperti ayam goreng, sayur urap, sambal goreng krecek ati, timun, kering tempe, abon dan irisan telur dadar.

Biasanya pada saat acara terdapat pengirisan tumpeng yang menjadi simbol syukuran. Tumpeng nasi kuning bisa dibuat untuk acara dengan 100 orang tamu.

2. Nasi Liwet khas Sunda

Ada dua jenis nasi liwet pertama dari solo yang menggunakan sayur labu siam dan ada satu lagi berasal dari Sunda. Kedua jenis nasi liwet ini berbeda, biasanya untuk syukuran orang Sunda nasi liwet menjadi hidangan yang wajib. Nasi liwet tidak dibentuk menjadi tumpeng namun bisa dihidangkan dalam bentuk prasmanan atau nasi box.

Perbedaan yang terlihat adalah pada nasi liwet dimasak bersama dengan cabe, ikan teri dan juga pete. Disajikan bersama tahu, tempe, terong dan ayam goreng ditambah dengan lalapan seperti selada, tomat, kacang panjang dan timun. Selalu ada sambal pedas yang menemani.

Baca Juga  Bingung Pilih Snack Sore untuk Meeting? Pesan Ini Saja

3. Urap

Menu yang biasanya menjadi satu dengan tumpeng nasi kuning ini juga bisa disajikan secara terpisah. Urap adalah kumpulan berbagai macam jenis sayur seperti bayam, kangkung, wortel, tauge, kacang panjang yang dibumbui dengan kelapa parut. Urap bisa dibuat pedas atau tidak tergantung dengan keinginan.

Jika disajikan terpisah biasanya ditemani dengan nasi putih, telur rebus dan juga peyek kacang atau teri. Biasanya menu ini menjadi menu bancakan atau nasi berkat yang biasa dibawa pulang oleh tamu.

4. Bakmi atau Bihun Goreng

menu makan syukuran

Sajian menu ini cukup modern yang biasanya dipilih untuk prasmanan. Menu mie atau bihun goreng tak hanya menjadi hidangan saat syukuran rumah tetapi lebih beragam. Seperti acara pernikahan, ulang tahun, atau arisan. Yang pasti menu ini sangat bersahabat untuk lidah anak-anak karena rasanya tidak pedas.

Mie dimasak dengan digoreng yang dicampur bersama bahan lain seperti udang, bakso, sawi hijau, wortel atau kubis. Ada banyak varian menu mie goreng seperti mi goreng telur, mi goreng sayur atau mie goreng seafood.

5. Fillet kakap asam manis

Satu lagi menu makanan modern yang biasanya disajikan dengan cara prasmanan yaitu menu ikan fillet kakap asam manis. Ikan kakap ini sangat enak karena para tamu tidak perlu takut dengan duri karena sudah dimasak hanya bagian dagingnya saja. Ikan digoreng dengan tepung yang kemudian disajikan secara terpisah dengan saus asam manisnya.

Menu yang satu ini juga banyak disukai oleh anak-anak karena tidak terasa pedas sama sekali. Sangat cocok dihidangkan berdampingan dengan mi atau bihun goreng.

6. Ayam bumbu rempah

Tidak ada yang akan melewatkan hidangan berbahan ayam. Jika Anda hanya memesan tumpeng nasi kuning sebagai simbol dalam ukuran kecil, maka untuk hidangan prasmanan Anda perlu memesan ayam bumbu rempah. Menu ayam goreng ini sangat banyak disukai di semua kalangan ditambah lagi dengan bumbu rempah laos yang diparut dan digoreng.

Anda bisa menyajikannya sebagai menu prasmanan atau menu nasi box yang dibawa pulang oleh para temu. Yang pasti menu satu ini tidak boleh dilewatkan.

7. Telur Balado

Jika Anda ingin lebih hemat budget maka menu ayam bisa digantikan oleh telur. Olahan telur adalah pilihan terbaik jika Anda ingin menyelenggarakan acara syukuran yang pas budget. Telur adalah bahan yang relatif mudah diolah dan banyak disukai. Anda bisa memilih menu masakan telur balado yang menjadi hidangan pedas dalam sajian.

Telur balado ini bisa diolah dari telur mata sapi atau telur rebus yang dimasak balado. Karena rasa pedas sudah didapatkan dari menu ini maka Anda tidak perlu lagi menambahkan menu sambal. Karena menu lengkap lainnya seperti sayur dari urap dan ada juga mie goreng sudah ada.

8. Rendang Daging Sapi

daftar menu syukuran

Ingin menyajikan menu makanan syukuran rumah yang lebih mewah? Anda bisa memilih menu rendang daging sapi yang sudah pasti disukai banyak orang. Siapa yang tidak mengenal menu ini karena sudah terkenal se-nusantara.

Rendang adalah menu paling enak dari Padang Sumatera Barat yang tidak hanya disajikan di sana. Bagi masyarakat Padang dulunya menu ini disajikan untuk menyambut para tamu yang datang.

Kini ada begitu banyak tempat catering yang bisa menyediakan menu rendang daging dengan rasa lezat untuk syukuran rumah Anda. Sebagai pendamping pesan juga sayur daun singkong dan juga gulai.

9. Aneka Sup

Untuk hidangan prasmanan supaya tidak terasa kering hanya nasi, ayam goreng, ikan kakap dan mie goreng maka harus ada menu sup. Ada banyak pilihan menu sup seperti sup ayam jamur, sup ayam bakso, sup asparagus, dll. Sup adalah menu yang wajib yang segar untuk para tamu menikmati.

Berbagai macam menu ini akan Anda temukan langsung di catering Dapur Patriot. Anda bisa memesan menu apa saja di tempat katering ini sesuai dengan acara yang hendak dilangsungkan. Yang pasti adalah menu yang dipilih semua rasanya lezat karena dibuat oleh koki profesional dan berpengalaman.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI