Masakan Nusantara Sederhana – Indonesia yang terdiri dari beribu-ribu pulau memiliki kebudayaan yang sangat beragam. Salah satu kebudayaan yang terus dilestarikan adalah kuliner. Setiap daerah selalu memiliki makanan khas yang dengan rasa unik. Banyak suku pedalaman di Indonesia yang selalu mengadakan upacara dengan hidangan khas yang menarik.

Rata-rata cara memasaknya pun sederhana dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Memasak menggunakan kayu atau sabut kelapa akan menciptakan hidangan yang lebih lezat. Tak sedikit juga makanan yang dimasak hingga waktu berjam-jam sehingga rasa bumbu benar-benar meresap.

Apakah makanan nusantara yang berasal dari daerahmu? Yuk simak masakan nusantara sederhana dari Sabang sampai Merauke disini.

Daftar Masakan Nusantara Sederhana dari Sabang sampai Merauke

masakan nusantara sederana

Image: merdeka.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Namun di beberapa daerah lain seperti Indonesia Timur cukup jarang lahan pertanian untuk menanam padi. Oleh karena itu makanan pokok pun berganti dengan jagung, umbi-umbian hingga sagu.

Daerah mana saja yang tidak menggunakan nasi sebagai makanan pokok? Apa saja olahan masakan nusantara dari daerah-daerah tersebut? Menjawab pertanyaan itu semua, berikut ini daftar jenis masakannya.

Baca Juga  Bingung Pilih Snack Sore untuk Meeting? Pesan Ini Saja

1. Mie Sedap Sabang

Jika berkeliling ke daerah Sabang, Aceh maka akan banyak kuliner dengan bahan utama mie. Ada mie jalak, mie pingsun dan yang paling terkenal adalah mie sedap sabang. Masakan sederhana ini dibuat tanpa bahan pengawet dan rasanya yang berbeda karena tambahan daging ikan olahan. Mie dibuat dengan tepung dan telur saja sehingga menjadikan teksturnya sangat kenyal.

2. Anyang Pakis

Menuju ke kabupaten Asahan Sumatera Utara, terdapat masakan sederhana berbahan sayur yaitu Anyang Pakis. Bentuknya mirip urap namun sayur utama yang digunakan adalah sayur pakis. Bumbu urap yang digunakan terbuat dari kelapa parut yang disangrai sehingga keringseperti serundeng.

Cara membuatnya sangat mudah, cukup mencampurkan bumbu yang sudah dihaluskan dan disangrai bersama kelapa. Barulah dicampurkan ke sayuran pakis yang sudah dikukus.

3. Nasi Sala

Di daerah Sumatera Barat ada banyak kuliner terkenal seperti rendang, ayam pop, kalio hingga gulai Padang yang cara memasaknya cukup sulit. Belum lagi waktu memasak yang dibutuhkan sangat lama. Namun ada satu yang sederhana yaitu Nasi Salay.

Masakan nusantara ini terdiri dari ikan kembung yang digoreng dengan tepung beras yang telah dibumbui. Nasi dibungkus dengan daun pisang dan semua hidangan disajikan dengan samba lado.

4. Mie Celor

Jika daerah Palembang terkenal dengan pempek yang rumit pembuatannya, maka jenis masakan sederhananya adalah mie celor. Makanan khas ini hanya dibuat dengan memasak kuah santan kaldu dengan ebi dan bumbu rempah. Kemudian bahan utamanya adalah mie dengan kondimen seperti tauge, telur rebus, kucai dan udang. Masakan ini sederhana tetapi menciptakan rasa yang legit.

5. Bubur Pedas

Makanan khas Kalimantan Barat sebagian besar dipengaruhi oleh masakan China. Namun ada satu jenis masakan yang khas yaitu bubur pedas. Kuliner ini terbuat dari aneka jenis sayur seperti pucuk daun pakis, kangkung, daun lengkuas, serta daun rempah lainnya. Semua bahan dimasak dengan kuah pedas dan diberikan taburan kacang dan teri goreng.

6. Soto Banjar

Jika biasanya soto dihidangkan bersama nasi, soto Banjar menggunakan lontong atau ketupat. Cara membuatnya mudah, dengan memasak kuah kaldu ayam kampung dengan bumbu rempah. Toping pada soto pun beraneka ragam seperti suwiran ayam kampung, perkedel kentang, bihun dan telur rebus.

Baca Juga  Jenis-Jenis Kue Lebaran Jadul Sampai Modern yang Wajib Ada

7. Rujak Kangkung

kuliner nusantara

Image: idntimes.com/

Pergi ke daerah Jawa Barat tepatnya di Kuningan ada masakan nusantara sederhana yaitu rujak kangkung. Masakan ini sangat khas karena disuguhkan dengan sambal rujak yang sangat pedas. Padahal bahan utamanya hanya sayur kangkung yang direbus. Di rumah makan khas Jawa Barat selalu tersedia menu rujak kangkung.

8. Nasi Liwet

Jawa Tengah juga memiliki masakan khas yaitu nasi liwet yang cukup sederhana dibuat. Bahan utamanya adalah nasi gurih yang memiliki aneka lauk dan sayur seperti ayam opor suwir, areh santan serta sayur labu pedas. Masakan ini sangat cocok untuk sarapan di pagi hari.

9. Pecel

Di daerah Jawa Timur yaitu Madiun, terdapat kuliner nusantara sederhana yaitu pecel. Menggunakan bahan utama sayuran rebus seperti bayam, tauge, kacang panjang yang disiram dengan sambal kacang sangat pedas. Makanan ini biasanya didampingi dengan peyek kacang atau teri.

10. Nasi Jinggo

Bali terkenal dengan ayam betutu yang waktu memasaknya lama dan rasanya enak. Namun untuk makanan sederhananya terdapat nasi jinggo yang mirip seperti nasi rames di Jawa. Nasi Jinggo adalah nasi putih dengan aneka lauk masakan khas Bali. Lauk yang dimasak adalah oseng kacang panjang, ayam suwir pedas khas Bali, mie goreng, dan juga sambal.

11. Bubur Manado

Siapa sangka bahwa bubur manado atau Tinutuan ini adalah masakan nusantara sederhana. Masakan ini menggunakan bahan utama nasi dan labu yang dimasak bersamaan dengan sayuran seperti daun kemangi serta kangkung. Masakan ini hanya enak ketika dinikmati saat panas.

12. ie Tie Tie

Penggemar mie pasti tak lupa dengan masakan nusantara khas Makassar yang satu ini. Mie yang digoreng kemudian disiram dengan kuah kental berisi sayuran dan juga ayam. Ketika disiram mie yang kering tidak langsung berubah menjadi lembek tetapi tetap krispi. Inilah yang membuat mie tie tie unik tetapi tetap sederhana.

13. Ikan Kuah Pala Banda

Disebut dengan ikan kuah pala banda karena dulunya kuliner nusantara hanya disajikan untuk petinggi Belanda. Masakan ini mewah tetapi cara membuatnya sangat sederhana. Masakan khas Maluku ini dimasak dengan aneka rempah dari Indonesia dan menggunakan ikan tongkol atau tenggiri. Kuah segarnya juga menggunakan santan cair dan setelah dimasak rasanya asam segar.

14. Tumis Bunga Pepaya

Kuliner nusantara yang satu ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang menggunakan bahan utama yaitu bunga pepaya. Bagi warna lokal ini adalah masakan sehari-hari yang sering dibuat. Bunga pepaya direbus dengan garam hingga empuk dan hilang getahnya. Kemudian dimasak dengan bumbu pedas.

15. Kelaq Sebie

Makanan khas Lombok ini memiliki cita rasa yang sangat pedas karena menggunakan cabe rawit yang dipotong kecil-kecil dan direbus bersama bumbu. Bahan utama masakan ini adalah ikan tongkol, cara memasaknya mirip seperti gulai padang. Rasanya yang pedas berpadu menarik dengan satan, sehingga rasanya mewah tapi cara masaknya sederhana.

16. Papeda

Papeda adalah masakan nusantara sederhana dari Papua yang terbuat dari sagu. Sagu yang dimasak dan menjadi kental kemudian disiram dengan kuah kuning berbumbu. Papeda juga disantap dengan ikan tude bakar. Cara memakannya cukup unik karena harus ditarik dengan dua sendok.

17. Ikan Bungkus

Kuliner nusantara terakhir yang berasal dari Merauke yaitu ikan bungkus mirip dengan ikan pepes hanya saja daun pembungkus yang digunakan adalah daun talas. Jenis ikan yang dimasak juga bukan ikan air tawar tetapi ikan laut. Setelah dibungkus, ikan dibakar bukan dikukus.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI