Makanan Unik di Indonesia – Indonesia kaya akan berbagai budaya, salah satunya adalah budaya kuliner. Makanan selalu menjadi sajian bagi suku-suku di Indonesia saat berkumpul. Seperti ketika diadakan upacara adat atau perayaan-perayaan khusus. Hingga kini semua makanan terus menerus dilestarikan sebagai warisan budaya.

Jika dikumpulkan dari Sabang sampai Merauke ada ratusan bahkan ribuan jenis makanan yang berbeda-beda. Dari makanan yang rasanya pedas, gurih, asin hingga unik. Apa saja makanan unik di Indonesia yang belum pernah kamu coba? Sebagai pecinta kuliner pastinya kamu memiliki daftar makanan unik yang harus dicoba.

Makanan dan Camilan Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia

cemilan unik

Image: cookpad.com

Makanan unik bisa saja berupa masakan, makanan untuk oleh-oleh atau camilan. Ada juga jenis minuman yang hanya bisa kamu dapatkan dari daerah asalnya saja. Inilah yang membuat istimewa, di mana kamu harus pergi ke tempat pembuatnya untuk mencicipi. Bagi kamu pecinta kuliner tentunya tak ingin ketinggalan mencicipi rasa unik dari makanan dan minuman khas Indonesia ini.

Apa saja itu? Yuk lengkapi dengan daftarmu dengan daftar makanan unik di Indonesia dari berbagai daerah baik itu makanan minuman tradisional hingga modern.

1. Bir pletok

Namanya saja sudah terdengar unik dan satu yang pasti bahwa bir ini tidak mengandung alkohol seperti jadi gak akan membuat kamu mabuk. Minuman yang satu ini berasal dari suku Betawi, yang fungsinya untuk melancarkan peredaran darah serta menghangatkan badan.

Bir pletok dibuat dari bahan rempah seperti jahe, daun pandan, dan juga serai. Rempah ini akan menghangatkan walaupun minuman disajikan dalam bentuk dingin.

Warna dari bir pletok adalah merah karena adanya sedikit campuran secang. Dijual dalam botol sirup. Karena pembuatannya mudah, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

2. Dadiah

Bagi kamu yang suka dengan yoghurt untuk diet, Indonesia juga punya loh yoghurt asli dari Minangkabau yang dinamakan Dadiah. Jika yoghurt terbuat dari susu sapi, dadiah dibuat dari susu kerbau dan difermentasikan. Cara fermentasinya alami yaitu dengan ruas batang bambu dan membutuhkan waktu lebih lama yaitu dua hari.

3. Nasi kentut

Jangan terkecoh dengan nama makanan unik di Indonesia yang satu ini. Nasi kentut bukan berarti nasi yang dijual memiliki aroma yang tak sedap. Justru sebaliknya rasa dan aromanya sangat enak karena menggunakan daun kentut sebagai pembungkusnya.

Yup, nasi ini disebut dengan nasi kentut karena menggunakan daun kentut yang banyak ditemukan. Makanan unik ini berasal dari Medan Sumatera Utara.

4. Nasi kucing

Masih dengan jenis makanan dari nasi, jika di Medan terdapat nasi kentut, di Yogyakarta terdapat nasi kucing. Disebut dengan nasi kucing karena porsinya yang kecil. Dalam satu bungkus nasi kucing terdapat lauk seperti oseng teri atau tempe dan juga sambal.

Nasi kucing dibungkus dengan daun pisang dan hanya dijual di angkringan. Karena porsinya yang kecil nasi ini dijual dengan harga yang sangat murah yaitu seribu hingga dua ribu rupiah saja.

5. Sate kere

Dari Yogyakarta beralih ke Solo, ada makanan unik bernama sate kere. Arti dari sate kere secara harfiah adalah sate orang miskin atau tidak mampu. Tapi artinya bukan berarti sate ini untuk orang miskin saja loh. Sate kere adalah sate yang terbuat dari tempe dan tahu gembus bukan menggunakan daging.

Ada juga sate kere yang menggunakan jeroan sapi dan atau lemak. Bumbunya lebih banyak menggunakan kecap jadi rasanya dominan manis.

Baca Juga  Rujak Kangkung, Menu Dadakan yang Segar Mudah Dibuat

6. Rondo royal

Terlihat dari namanya, rondo royal adalah makanan dari Jawa Tengah tepatnya Jepara. Rondo royal sendiri artinya adalah janda royal, tapi makanan cemilan unik ini sama sekali tidak pada hubungannya dengan janda. Bahan utama untuk membuat rondo royal adalah tape yang digoreng dengan tepung beras. Biasanya masyarakat Jepara suka mengkonsumsi camilan ini sambil ngeteh atau ngopi.

7. Otak-otak

Bernama otak-otak makanan ini bukan menggunakan otak sebagai bahan dasarnya. Makanan ini populer dan berasal dari Sumatera seperti Palembang, Belitung, Riau dan sekitarnya.

Karena di daerah tersebut bahan ikan mudah ditemukan maka masyarakat pun mengolahnya dengan campuran tepung dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Otak-otak bisa menjadi jajanan unik untuk usaha yang menguntungkan karena cara memasaknya yang sangat mudah.

8. Kuku macan

Bukan terbuat dari kuku macan asli, disebut dengan kuku macan karena bentuknya yang melengkung dan tebal. Makanan unik di Indonesia ini sebenarnya adalah kerupuk dari daerah Balikpapan yang sering dijadikan oleh-oleh. Rasanya gurih dan cocok juga sebagai teman menonton film.

9. Kue ketawa

Mengapa disebut dengan kue ketawa? Alasannya bukan karena setelah memakan kue ini kamu akan tertawa. Tetapi lebih karena bentuknya yang seperti orang sedang tertawa. Kue ini berbentuk bulat tetapi pada salah satu sisinya dibelah menjadi empat dan mengembang.

Sehingga tampak seperti mulut orang yang sedang tertawa. Kuenya sendiri berwarna coklat dengan taburan wijen di bagian luarnya.

Baca Juga  Tepung Hunkwe: Pengertian, Cara Membuat dan Aneka Olahannya

10. Kue cubit

jajanan unik untuk usaha

Image: selerasa.com

Jajanan ini sudah sebenarnya merupakan panganan tradisional yang hampir punah, tetapi kembali tren di tahun 2019 lalu. Disebut dengan kue cubit karena bentuk setiap kuenya yang sangat kecil. Selain itu untuk mengambil satu kue saja cukup menggunakan dua jari seperti sedang mencubit.

Proses memasaknya menggunakan cetakan kue cubit khusus yang memiliki bentuk-bentuk unik. Untuk mengambilnya juga perlu penjepit dan dicubit. Rasanya sangat manis dan untuk tren kekinian lebih bervariasi seperti rasa matcha, keju, dan coklat.

11. Kue dollar

Jika kue cubit berasal dari Jakarta, kue dollar berasal dari Surabaya. Kue ini merupakan jajanan jaman dulu yang sangat renyah. Bentuknya pipih dan rasanya hangat karena terdapat bahan jahe di dalamnya. Varian rasanya sangat beragam seperti keju dan wijen.

Nama kue dollar berasal dari bentuknya yang pipih dan bulat seperti koin kepingan. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tepung beras, kacang tanah halus, dan gula palem.

12. Kue tete

Makanan unik di Indonesia selanjutnya adalah kue tete yang bentuknya mirip seperti serabut namun ukurannya lebih kecil. Bedanya juga adalah bagian tengahnya berwarna hijau, karena bentuknya inilah makanan ini disebut kue tete.

Bagian tengahnya yang berwarna hijau menyembul ke atas seperti payudara. Panganan ini berasal dari suku Betawi, tapi ada juga nama lainnya yaitu kue ape. Hingga saat ini jajanan ini masih banyak dijajakan di pinggir jalan.

13. Tahu gimbal

Kalau yang satu ini tergolong sebagai makanan berat, karena terdapat ketupat yang cukup mengenyangkan. Gimbal yang dimaksud dalam makanan ini adalah bakwan goreng yang di atasnya terdapat udang.

Bakwan ini kemudian dicampur dengan tahu, ketupat dan sayuran seperti tauge dan kubis kemudian dituang dengan kuah kacang yang lezat.

14. Kue satu

Kue satu adalah salah satu jajanan unik untuk usaha karena mudah dibuat sendiri. Bahan utamanya adalah tepung kacang hijau yang kemudian dicetak. Kue ini sangat laris ketika hari raya idul fitri bersama dengan kue kering lainnya.

Yang membuat menarik adalah bentuknya yang kecil tetapi bervariasi seperti bunga atau bulat. Warnanya putih karena kue ini dibuat tanpa pewarna dan juga pengawet sehingga sangat sehat untuk dikonsumsi.

15. Kerupuk melarat

Bukan karena makanan ini hanya dikonsumsi oleh orang miskin tetapi proses penggorengannya yang tidak menggunakan minyak melainkan pasir. Ada juga yang menyebutnya sebagai kerupuk pasir warna warni karena memang ada tiga warna yaitu putih, kuning dan coklat. Walaupun digoreng dengan pasir namun jenis pasir yang digunakan sudah bersih dan rasa kerupuk pun sangat gurih.

16. Mie lendir

Suka dengan kuliner mie? Kamu harus coba mie lendir yang kuahnya sangat kental mirip seperti lendir. Mie ini berasal dari kepulauan Riau. Bahan utamanya adalah mie kuning yang ditaburi dengan tauge dan telur rebus.

Kuah kentalnya sendiri dimasak dengan kacang hingga akhirnya mengental. Ada juga suwiran ayam yang menambah kenikmatan dari makanan unik di Indonesia ini.

Baca Juga  4 Cara Memilih Ikan Jambal Bebas Formalin sehingga Aman

17. Nasi gandul

Berasal dari Pati Jawa Tengah dan menjadi masakan daerah sangat terkenal. Sekilas mirip dengan rawon karena sama-sama menggunakan daging sapi.

Namun kuahnya berwarna lebih kecoklatan. Selain daging sapi, ada juga nasi gandul yang disajikan dengan lidah sapi atau jeroan sapi. Nama nasi gandul berasal dari ciri khas penjualnya yaitu dengan pikulan yang menggandul atau menggantung dalam istilah Jawa.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI