Makanan Khas Kalimantan Utara – Suka dengan kuliner khas nusantara? Sudah pernah mencoba makanan khas Sumatera, Jawa dan Bali? Perjalanan wisata kuliner Anda selanjutnya harusalah ke pulau Kalimantan. Pulau yang paling luas di Indonesia ini memiliki beragam makanan khas yang rasanya tidak kalah lezat dari pulau lainnya, khususnya daerah Kalimantan Utara.

Jika Anda menyukai masakan dengan rasa yang asam dan pedas, maka makanan dari Kalimantan sudah pasti cocok di lidah. Ada juga beberapa masakan yang menggunakan bahan santan sehingga terbentuk cita rasa yang gurih alami. Sama seperti pulau-pulau lainnya, makanan khas Kalimantan Utara terdiri dari aneka masakan hingga kudapan yang unik.

Penasaran hidangan apa saja yang wajib Anda santap ketika berkunjung ke Kalimantan Utara? Simak selengkapnya disini.

Macam-Macam Makanan Khas Kalimantan Utara

makanan khas daerah kalimantan utara

Image: cookpad.com

Ketika memperbincangkan makanan khas dari Kalimantan Utara, pastilah kepiting soka menjadi andalannya. Kepiting soka adalah makanan tradisional dari Tanjung Selor Tarakan Kalimantan Utara. Keunikan dari kuliner ini adalah bahan bakunya adakah kepiting soka yaitu kepiting yang sedang berganti kulit sehingga cangkangnya sangat empuk.

Tak hanya lezat, masakan ini juga memiliki kandungan protein serta vitamin yang sangat tinggi dan tentunya rendah lemak. Kepiting soka bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti aneka saus atau digoreng krispi. Yang pasti adalah Anda bisa mengkonsumsi kepiting bukan hanya dagingnya tetapi juga bagian cangkangnya karena empuk.

Makanan khas daerah Kalimantan Utara bukan hanya kepiting soka saja. Mungkin kuliner tersebut adalah yang paling terkenal, tapi Anda juga bisa mengulik makanan lainnya yang memiliki rasa tak kalah lezatnya. Apa saja itu? Pilih jenis makanannya di bawah ini.

1. Nasi udang dengan taburan serundeng

Udang adalah kuliner yang sekilas biasa saja, tapi Anda harus mencoba udang goreng tepung dari Malinau Kalimantan Utara. udang goreng disajikan bersama dengan nasi putih hangat dan cocolan sambal. Keunikannya terdapat pada tambahan taburan serundeng pada bagian nasinya.

Budidaya udang di Kalimantan Utara cukup pesat, hal ini dikarenakan wilayah tersebut memiliki banyak aliran sungai. Sehingga lebih mudah untuk membudidayakan udang sungai yang menjadikannya bahan baku utama makanan khas daerah ini. Ukuran udang yang dibudidayakan pun cukup besar jadi dijamin Anda pasti puas menikmatinya.

Baca Juga  7 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar di Pasar

2. Tumis Kapah

Selain hidangan dengan bahan baku dari sungai, ada juga tumis kapah yaitu kerang laut yang banyak dari daerah Tarakan. Kapah merupakan kerang laut yang hidup di pantai berlumpur. Dagingnya sangat kenyal dan berwarna putih, ketika ditumis akan memiliki rasa yang gurih. Kandungan protein dari hidangan ini sangat tinggi, ketika ditumis ditambahkan juga dengan rempah-rempah yang manakah kelezatannya.

Karena habitatnya di pantai berlumpur, maka kapah tidak dapat ditemukan di rumah makan tengah kota. Untuk bisa menikmatinya Anda harus pergi ke rumah makan di sekitar pantai Amal Lama dan Amal Baru.

3. Tudai

Masih dengan hidangan dengan bahan kerang, tudai adalah kerang dari Tanjung Selor dengan daging yang berwarna kehitaman. Tudai lebih mudah ditemukan karena hidup di sepanjang pantai, namun untuk ukuran daging kerangnya masih lebih kecil dibandingkan dengan Kapah.

Cara memasak paling sederhana dari hidangan ini adalah dengan direbus, tetapi ada juga masakan lainnya. Seperti direbus dengan ditambah bumbu rempah serta cabai supaya rasanya pedas.

4. Temburung

Kalau makanan khas Kalimantan Utara yang satu ini, adalah masakan tradisional yang sering ditemui pada acara tahun baru. Temburung sendiri merupakan jenis hewan laut yang mirip dengan kerang kapah. Hanya saja cangkangnya berbentuk seperti terompet yang melingkar.

Cara memasaknya adalah dibuat sebagai sate yang dibumbui rempah khusus. Rasanya yang lezat akan menemani Anda saat mengikuti perayaan tahun baru di Kalimantan Utara.

5. Sate ikan pari khas Tana Tidung

Sudah pernah belum mencoba jenis sate selain ayam atau kambing? Anda perlu mencoba sate ikan pari yang cukup unik sebagai makanan khas provinsi Kalimantan Utara. Ikan pari adalah jenis ikan yang paling banyak ditemukan di sungai Sesayap. Karena inilah masyarakat setempat dulunya memasak ikan pari sebagai menu utama untuk makanan sehari-hari.

Hidangan sate ikan pari biasanya disajikan bersama dengan nasi subut. Nasi subut adalah nasi yang terbuat dari jagung dan ubi jalar serta nasi sehingga warnanya keunguan, berbeda dengan nasi biasanya.

Cara memasak sate ikan pari tidaklah sulit, hanya merendam daging ikan yang sudah ditusuk ke tusuk sate dengan jeruk nipis beberapa menit.

Setelah itu sate ikan pari dibumbui bumbu rempah yang sudah dihaluskan. Kemudian dipanggang hingga matang. Bumbu yang dihaluskan memiliki banyak bahan cabai sehingga dipastikan rasanya sangat pedas.

6. Ikan asin richa

Masih dengan hidangan berbahan ikan, kali ini rasanya juga pedas yaitu ikan asin richa. Rasanya yang lezat juga membuat ikan asin yang berasal dari Tarakan ini menjadi bahan ekspor. Menu masakan suku Tidung ini sangat mudah dibuat, nama lain dari masakan ini adalah gami atau ikan asin pedas.

Cara memasaknya yaitu dengan menumis bumbu cabai hingga harum kemudian masukkan asin yang sudah dipotong dadu. Tanpa tambahan bahan sayur, ikan asin ditumis hingga bumbu meresap. Ikan asin richa ini sangat nikmat dimakan bersama nasi putih hangat.

7. Lawa

Ingin kembali ke masa lalu? Anda bisa mencicipi hidangan dari kerajaan Bulungan di Kalimantan Utara ini. Lawa adalah hidangan yang terbuat dari bahan timun serta rumput laut. Ketika dicampur rasanya gurih dan sedikit renyah. Supaya tidak hanya terasa sayur, maka ditambahkan juga beberapa jenis udang seperti udang galah atau raja serta kelapa yang telah disangrai.

Pada saat perjamuan besar yang menjadi adat istiadat, lawa dijadikan sebagai hidangan pembuka. Rasanya yang segar sangat cocok menjadi hidangan pembuka yang akan meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga  Aneka Contoh Menu Buffet Tradisional dan Internasional

8. Dodol rumput laut dan cempedak

makanan khas provinsi kalimantan utara

Image: Travelingyuk

Makanan khas daerah Kalimantan Utara tak selalu berbentuk makanan dari seafood, ada juga kudapan yang seringkali dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah dodol rumput laut. Di daerah asalnya, dodol ini disebut sebagai lempok. Rasa dari kudapan ini manis dan teksturnya kenyal.

Selain dodol rumput laut ada juga dodol cempedak yang terbuat dari buah cempedak. Buah cempedak tidak hanya ditemukan di daerah Jawa Barat saja tetapi juga Kalimantan Utara. Cempedak adalah buah yang termasuk kelompok jenis durian dan nangka. Setelah diolah menjadi dodol rasanya sangat manis.

9. Amplang Bandeng Tarakan

Jika Anda berencana mencari oleh-oleh yang khas dan rasanya gurih? Cobalah untuk membeli amplang bandeng Tarakan. Jika biasanya amplang terbuat dari ikan laut, khas amplang dari Tarakan adalah menggunakan ikan bandeng. Rasanya sangat renyah, gurih dan ikan bandengnya sangat terasa.

Oleh-oleh amplang bandeng Tarakan juga cukup awet jika Anda akan melakukan perjalanan yang cukup lama. Jadi tidak perlu takut makanan akan menjadi basi ketika dijadikan oleh-oleh.

10. Ikan Asin Pipih

Tak hanya kuliner yang menggunakan bahan bandeng, ada juga oleh-oleh yang sangat menarik yaitu ikan asin pipih. Ikan yang diasinkan dan dikeringkan ini adalah ikan pepija yang banyak ditemukan di perairan kota Tarakan. Sama seperti bandeng presto, ikan pepija dimasak sehingga duri tulangnya menjadi lunak dan bisa dimakan.

Bedanya adalah ikan ini dikeringkan sehingga terasa krispi dan awet untuk dibawa pulang. Satu plastik ikan asin pipih ini dijual dengan harga yang murah sekitar 25 ribuan, Anda tentunya bisa membelinya dalam jumlah banyak.

11. Abon kepiting

Jika kepiting soka adalah makanan khas provinsi kalimantan utara yang berupa masakan, Anda bisa mencicipi bentuk makanan lainnya dengan bahan yang sama. Abon kepiting khas Kalimantan Utara sangat terkenal untuk dijadikan oleh-oleh. Bahan baku utamanya adalah kepiting soka. Dibuat menjadi abon karena cangkangnya yang lunak mudah untuk dihaluskan.

Abon kepiting ini sama sekali tidak amis tetapi sangat gurih dan juga berbumbu. Cocok sekali jika Anda ingin menjadikannya sebagai oleh-oleh sepulang berwisata. Selain abon kepiting soka, ada juga abon ikan patin dan abon ikan gabus yang sama enaknya.

Baca Juga  17 Makanan Unik di Indonesia dari Berbagai Daerah

12. Udang kering

Masih dengan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang khas Kalimantan Utara. Udang kering khas Tarakan ini berbeda dengan nasi udang yang juga menjadi makanan khas Kalimantan Utara. Bedanya adalah jika nasi udang menggunakan jenis udang berukuran besar yang digoreng dengan tepung, maka udang kering adalah ebi.

Kualitas dari udang kering Tarakan ini sudah terkenal hingga mancanegara karena telah menjadi komoditas ekspor yang cukup menguntungkan. Tentunya Anda tak ingin ketinggalan untuk mencicipi ebi khas Tarakan ini. Udang kering bisa digunakan sebagai bahan masakan atau langsung dimakan menjadi lauk bersama nasi dan sambal.

Kini jika Anda bertandang ke Provinsi Kalimantan Utara tak perlu lagi bingung untuk mencari kuliner tradisional yang khas hingga oleh-olehnya. Jangan lupa untuk mencicipi semuanya ya.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI