Kue Lebaran – Apa sih yang paling khas dari hari raya lebaran selain ketupat opor? Pastinya aneka kue. Di setiap rumah yang merayakan lebaran satu minggu sebelum hari raya pasti sudah bersiap-siap dan yang paling mudah untuk disiapkan adalah kue kering. Kini banyak dijual aneka kue kering dan basah di toko atau swalayan terdekat dengan varian harga yang berbeda-beda.

Dari masa ke masa kue yang disediakan saat lebaran terus mengalami perubahan. Mulai dari kue tradisional jadul yang khas dari masing-masing daerah kini menjadi kue-kue modern. Banyak juga yang memilih untuk membuat kue sendiri di rumah untuk mendapatkan rasa dan kualitas sesuai selera.

Kira-kira apa saja kue-kue lebaran yang banyak disukai dari jaman dahulu hingga sekarang? Manakah kue yang akan kamu pilih untuk terus ada di meja rumah saat lebaran nanti? Temukan jenis-jenisnya disini.

7 Aneka Kue Lebaran Jadul Tradisional yang Bikin Kangen

Kue saat lebaran jadul lebih ke arah jenis kue tradisional dan bentuknya kebanyakan adalah kue basah. Sangat berbeda dengan kue kaleng yang berbentuk kering dan bisa langsung dibeli. Karena sifatnya yang basah, maka kebanyakan kue harus dibuat sendiri atau diproduksi satu hari sebelum hari raya supaya masih awet.

Justru kue jadul ini tidak mengandung banyak pengawet dan sehat karena masih menggunakan bahan-bahan alami. Apa saja jenis-jenisnya? Berikut ini beberapa aneka kue khas lebaran jadul yang selalu bikin kangen.

1. Kembang Goyang

Saat ini sudah cukup sulit untuk mendapatkan kue kembang goyang. Kue dengan ras renyah ini memiliki bentuk bunga. Disebut sebagai kembang goyang karena cara memasaknya menggunakan cetakan bunga dari besi yang digoyangkan ke dalam minyak panas.

Besi cetakan terlebih dahulu dicelupkan ke dalam adonan kue yang terdiri dari tepung. Adonan tepung yang digoyang-goyangkan ke dalam minyak panas nantinya akan terlepas dan berbentuk bunga.

Kue ini merupakan camilan khas dari Jawa Barat dan memiliki berbagai warna sehingga ketika disajikan tampak sangat cantik. Untuk bisa menghadirkan kembali kue ini kamu harus membuatnya sendiri atau memesan secara khusus.

2. Kuping Gajah

Kue tradisional ini merupakan kue kering yang dibuat dari tepung terigu dengan dua warna yaitu coklat dan putih. Disebut sebagai kuping gajah karena bentuknya yang tipis dan pipih namun melengkuk-engkuk mirip sekali dengan kuping gajah. Rasa yang dihadirkan adalah manis dan gurih dan rasa coklat yang tipis. Kue ini masih bisa didapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional atau toko snack.

Biasanya kue ini disimpan dalam toples yang cukup besar. Kuping gajah berukuran cukup kecil karena pipih, ditambah dengan warnanya yang unik ketika disimpan di dalam toples maka akan memberikan tampilan menarik di atas meja.

3. Kue Sagon

Jika kamu memiliki sanak saudara yang tinggal di Yogyakarta dan pernah merasakan dulu lebaran di sana, maka kue ini pasti selalu hadir menemani. Kue sagon merupakan kue kering tradisional yang bahan bakunya adalah tepung sagu dan juga parutan kelapa. Warna kuenya putih dan memiliki rasa yang gurih cocok untuk hari raya lebaran sebagai pendamping kue-kue lainnya.

Nama kue sagon sendiri sesuai dengan bahan bakunya yaitu tepung sagu. Proses memasaknya adalah dengan dipanggang selama 25 menit. Biasanya di pasar tradisional masih menyediakan kue ini, tapi jika kamu ingin merasakan kembali rasanya bisa juga memesannya di tempat kue.

4. Grubi

Gurbi adalah salah satu makanan khas magelang yang menjadi kue lebaran bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bentuknya seperti bola-bola kecil berambut karen terbuat dari ubi yang diparut. Ubi yang digunakan sebagai bahan baku adalah ubi jalar, kemudian parutan ubi dicampur dengan gula jawa baru digoreng.

Setelah selesai digoreng grubi akan menjadi sangat renyah dan terasa manis. Dulu banyak sekali toko yang menjual grubi namun kini tidak lagi. Hanya pasar tradisional yang menyediakannya itupun jumlahnya tidak banyak.

5. Kue Semprit

aneka kue kering lebaran

Image: selerasa.com

Jika dilihat dari bentuknya, kue semprit sekilas mirip sekali dengan kue-kue kering modern. Tapi nyatanya kue ini termasuk panganan jadul yang wajib ada saat hari raya lebaran. Bisa dibilang juga kue semprit telah menjadi legendaris. Sama seperti kebanyakan kue kering modern, kue semprit juga terbuat dari tepung, kuning telur dan juga mentega.

Bentuknya yang unik menyerupai bunga dengan ukuran kecil ini biasa dihiasi dengan chocochips atau sedikit selai nanas pada bagian tengahnya. Rasa kue ini manis dan kental dengan aroma vanila.

Baca Juga  5 Tips Memilih Menu Catering Sehat Jakarta Selatan

6. Kue Semprong

Siapa yang menyangka bahwa crepes dulunya adalah kue semprong. Makanan khas ini lebaran ini sudah ada sejak lama dan telah menjadi kue kering jadul. Rasanya manis dan gurih. Berbeda dengan crepes yang sangat tipis, kue semprong sedikit lebih tebal dan dibuat seperti tabung tapi ada juga yang dilipat segitiga.

Asal usul dari kue semprong sendiri bukanlah dari nusantara. Panganan ini dibawa oleh bangsa Portugis pada masa penjajahan dan mengalami perubahan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

7. Kue Putu Kacang

Kali ini kue lebaran berasal dari wilayah luar Jawa tepatnya dari Makassar. Bangsa Bugis selalu menyediakan kue putu kacang pada saat hari raya tiba. Terbuat dari bahan kacang hijau yang dihaluskan dan dicampur dengan gula halus.

Dibentuk menggunakan cetakan putu kemudian hanya dijemur supaya kering. Tidak ada proses pemasakan dengan oven, sangat tradisional bukan? Tapi untuk cara modern memasaknya tetap harus dipanggang supaya cepat selesai.

Kue ini memiliki cita rasa kacang hijau yang kuat dan juga manis. Warnanya putih karena kacang hijau telah ditumbuk dan dihaluskan. Kue ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan bagus untuk kesehatan.

Nah di antara ketujuh kue khas lebaran ini kira-kira mana yang ingin kamu santap saat hari raya idul fitri nanti? Karena sudah mulai jarang ditemukan, sebaiknya pesan dulu jauh-jauh hari supaya tidak kesulitan untuk mendapatkannya.

7 Aneka Kue Khas Lebaran yang Modern

aneka kue lebaran

Kue modern pastinya tidak asing lagi karena sudah sering disajikan saat ini. Kue modern pun selalu berubah dan banyak orang yang meningkatkan kreatifitas untuk membuatnya. Kebanyakan kue modern terpengaruh oleh kue-kue budaya barat. Apa saja aneka kue lebaran modern yang mungkin saja belum tersedia di meja ruang tamu milikmu saat ini?

1. Kue Putri Salju

Kue yang satu ini disebut dengan putri salju karena menggunakan taburan icing sugar. Kue ini bukan hanya disajikan pada saat lebaran tetapi juga natal dan juga imlek. Keunikan dari kue kering ini adalah terbuat dari tepung terigu dengan campuran kacang mete yang ditumbuk kasar.

Kue putri salju memiliki tekstur yang sangat renyah, kuenya sendiri terasa gurih tapi berubah manis karena menggunakan taburan gula halus. Bentuknya sangat klasik yaitu bulan sabit.

2. Kastengel

Aneka kue kering lebaran yang selanjutnya adalah kastengel. Kue ini dulunya berasal dari Belanda. Ciri khasnya yang terasa adalah penggunaan keju edam yang menjadi bahan utama untuk memberikan rasa gurih. Bentuknya yang asli adalah persegi panjang dengan ukuran kecil.

Kastengel memiliki tampilan yang khas yaitu kuning kecoklatan yang didapatkan dari olesan kuning telur. Di atasnya juga diberikan taburan keju cheddar parut yang akan mengering setelah dioven menambah rasa renyah dari kue ini.

3. Nastar

Banyak yang bilang bahwa nastar adalah kue jadul, tapi sebenarnya kue ini termasuk modern. Kue ini selalu berdampingan dengan putri salju dan kastengel.

Rasanya adalah manis dari selai nanas dan gurih dari bagian kulitnya. Bentuk kue yang klasik adalah bulat dengan cengkeh di bagian tengahnya. Penggunaan cengkeh ini juga menambah aroma harum dari kue per bijinya.

Selai nanas yang ada di dalam nanas memiliki cita rasa berbeda karena harus dimasak langsung. Jadi rasanya akan berbeda jika membuatnya dengan selai nanas jadi di toko. Sama seperti kastengel, nastar juga berasal dari Belanda yang dikenal sebagai kue pie dengan isian blueberry atau apel. Namun untuk menggantikan blueberry dan apel yang kala itu sulit didapatkan maka digantikan oleh nanas.

4. Kue Kering Choco Chips

Jika kamu adalah penggemar coklat, maka jangan sampai melewatkan kue yang satu ini. Kue choco chips yang juga berasal dari negara di Eropa ini sedikit mengalami perubahan. Di negara asalnya, biasanya kue ini berbentuk lingkaran sedikit tebal dan berukuran besar.Ketika dibelah biasanya masih ada coklat meleleh dan disajikan selagi hangat. Kue ini lebih dikenal dengan sebutan cookies.

Di Indonesia, kue kering choco chips bentuknya lebih kecil sama seperti putri salju tetapi berbentuk lingkaran. Rasa manis didapatkan dari gula palem atau gula semut yang berwarna coklat. Warna coklat didapatkan dari coklat leleh kemudian sebelum di oven bagian atas kue diberikan hiasan chocochips.

5. Kue Jahe

Image: Idn Times

Bentuk dari kue jahe sama seperti cerita dongeng anak-anak si kue jahe yaitu berbentuk seperti orang-orangan. Selain sebagai kue lebaran, kue ini juga sering disediakan saat natal. Sesuai dengan namanya kue ini memiliki rasa rempah jahe sehingga memberikan rasa hangat dalam tubuh.

Gula yang digunakan juga brown sugar sehingga tidak terlalu terasa manis. Selain jahe, rempah lain yang juga digunakan adalah kayu manis untuk menambah harum kue ini.

6. Kue Ulat

Kue lebaran modern yang satu ini seringkali dibuat sendiri di rumah. Bentuknya yang lucu yakni menyerupai ulat hijau. Kue dibentuk panjang kemudian diberi garis-garis seperti tubuh ulat. Pada bagian matanya dihias menggunakan dua chocochips. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis serta sedikit aroma pandan.

7. Kue Lidah Kucing

Salah satu kue yang juga wajib di atas meja saat lebaran. Lidah kucing dibuat dengan putih telur. Bentuknya pipih mirip seperti lidah kucing, dulunya hanya berwarna kuning kecoklatan. Namun kini sudah mengalami banyak perubahan dengan diberikan warna hijau dan coklat. Ada juga kue yang dicelupkan ke dalam lelehan coklat setengah bagiannya.

Kue ini memiliki rasa yang paling manis diantara jenis kue kering lebaran modern lainnya. Rasanya akan terasa lebih manis dengan aroma vanila yang sangat kuat.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI