Karage Adalah – Sering mendengar makanan Jepang bernama chicken karaage? Olahan bahan ayam yang digoreng dengan tepung yang telah dibumbui terlebih dahulu. Gorengan ala Jepang ini paling disukai oleh anak-anak karena untuk olahan ayam tidak ada tulang sama sekali. Jadi sangat mudah untuk memakannya.

Apabila dilihat dari artinya, karage adalah teknik memasak khas Jepang dan bukan hanya daging ayam yang digunakan. Orang Jepang juga memanfaatkan bahan lain seperti daging sapi dan juga ikan. Inti dari cara memasaknya adalah dengan deep fried atau menggoreng menggunakan banyak minyak.

Sebelum digoreng, bahan utama akan dimarinasi terlebih dahulu menggunakan saus rendaman asin. Bahan yang digunakan sebagai marinasi adalah bawang putih dan jahe yang dicincang kemudian kecap asin. Daging kemudian akan dilapisi dengan tepung kentang atau tepung maizena (tepung jagung). Penyajiannya adalah dengan nasi dan irisan kol yang halus.

Hidangan ini populer di Jepang sekitar tahun 1920 an, di mana pada saat Perang Dunia II ayam merupakan bahan pangan yang terbatas. Metode memasak karaage adalah yang paling mudah dan cara lain untuk menikmati hidangan ayam. Walaupun sebenarnya bahan bakunya bukan hanya ayam, namun karage identik dengan ayam dan terkenal luas di Jepang hingga dunia.

Resep Karage dari Bahan Ayam

resep chicken karage

Image: justonecookbook.com

Di Indonesia sendiri, karaage yang menggunakan bahan ayam juga lebih banyak dipilih. Para ibu rumah tangga lebih sering memilih jenis masakan ini untuk bekal anak sekolah. Karena sangat mudah dan cepat dibuat walaupun pada pagi hari dan anak-anak sangat mudah untuk mengkonsumsinya.

Baca Juga  7 Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Segar di Pasar

Selain itu rasanya juga enak karena menggunakan bumbu marinasi. Cara membuatnya yang mudah bisa Anda tiru dengan resep karage berikut ini:

Bahan-bahan :

500 gram paha ayam atas di fillet
100 gram tepung bumbu
100 gram tepung maizena.
Air
Minyak untuk menggoreng

Bumbu marinasi :

1 ruas jahe diparut
2 siung bawang putih dicincang halus
1/2 sdm kecap asin
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

Cara membuat chicken karage adalah sebagai berikut:

1. Potong daging ayam ukuran dadu besar dan campurkan semua bumbu marinasi.
2. Rendam ayam selama 1 jam ke dalam lemari es supaya meresap.
3. Campur tepung bumbu, tepung maizena, dan juga air hingga menjadi adonan kental.
4. Panaskan minyak.
5. Masukan ayam kedalam adonan tepung dan goreng hingga coklat keemasan dan kering baru angkat.
6. Anda bisa menyajikan chicken karage ini dengan saus mayonaise sebagai cocolan.

Tips Membuat Chicken Karage Adalah Sebagai Berikut

cara membuat karage

Image: justonecookbook.com

Cukup mudah resep chicken karage untuk ditiru di rumah, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya proses memasaknya tidak gagal. Seringkali kegagalan muncul dan bagian tengah ayam tidak matang. Untuk menghindari gagal memasak chicken karage, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Bagian daging ayam yang dipilih

Ketika digigit chicken karage akan terasa juicy, rasa ini muncul karena lemak ayam yang digoreng. Oleh karena itu bagian ayam yang dipilih sebaiknya memiliki lemak yang cukup seperti bagian paha atas.

Bagian ini memiliki bagian daging dan lemak yang cukup banyak. Hindari untuk menggunakan bagian dada karena tak ada cukup lemak yang menciptakan efek juicy. Pastikan juga ayam yang digunakan adalah ayam segar supaya rasa gurih nantinya terasa.

2. Waktu perendaman daging yang pas

Khusus untuk chicken karaage, Anda harus merendam sekitar setengah jam. Dikarenakan serat ayam cukup padat maka waktu marinasi pun harus lebih lama. Waktu yang sama juga dilakukan ketika Anda hendak merendam karage dari daging sapi.

Tapi jika ingin marinasi karage dari bahan ikan justru lebih cepat yaitu tidak boleh lebih dari 30 menit. 15 menit saja sudah cukup supaya bumbu meresap.

Baca Juga  4 Cara Memilih Ikan Jambal Bebas Formalin sehingga Aman

3. Jenis tepung yang digunakan

Tepung untuk chicken karage adalah tepung kentang atau tepung maizena. Tapi perlu dicampur dengan tepung terigu. Jika menggunakan tepung kentang atau jagung akan membuat rasa krispi dan juga gorengan akan lebih kering.

Jika Anda kesulitan mencari bumbu, maka tepung terigu bisa digantikan dengan tepung yang sudah berbumbu.

4. Cara menggoreng yang digunakan

Saat menggoreng dibutuhkan minyak dalam jumlah banyak supaya ayam dapat tercelup keseluruhan. Ayam harus dimasukkan ketika minyak sudah benar-benar panas supaya bentuknya menjadi lebih cantik.

Selain itu ayam yang terendam minyak akan membuat matang lebih merata sampai ke bagian dalam. Angkat ketika sudah berubah menjadi kuning keemasan.

5. Pengaturan api

Pertama-tama saat menggoreng chicken karage minyak harus dipanaskan bisa menggunakan api yang besar. Setelah panas, barulah masukkan ayam dan kecilkan api hingga medium. Terus goreng sambil sesekali diaduk supaya adonan tidak saling lengket. Masak terus sampai ayam matang.

Kelima tips untuk memasak karage ini akan membantu Anda menghasilkan gorengan yang sempurna. Pastikan selama menggoreng api dikecilkan supaya todak gosong dan bagian dalamnya matang.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI