Jasa Catering Pernikahan – Sudah menjadi rahasia umum, pada hari besar nanti semua harus dilakukan dengan sempurna tanpa kesalahan. Merencanakan pernikahan tidak luput dari peranan vendor catering.

Konsumsi menjadi bagian yang sangat penting dan seringkali memakan biaya hampir setengah dari seluruh budget pernikahan. Penting sekali bagi Anda calon pengantin untuk mempertimbangkan dengan matang jasa catering manakah yang hendak digunakan.

Apapun acara yang ingin Anda rencanakan baik itu standing party dengan menu makanan prasmanan atau tamu yang duduk dengan makanan piringan. Semua penyajiannya menjadi tugas dan tanggung jawab catering pernikahan. Oleh sebab itu kunci kelancaran dalam menciptakan acara pernikahan yang berhasil bertumpu pada catering.

Bagaimana cara memilih jasa catering pernikahan? Apa yang harus Anda lakukan dalam pemilihannya? Seperti apakah referensi catering terbaik yang ada di Jabodetabek? Anda bisa mendapat informasi lengkapnya disini. Dapatkan juga tips untuk menghemat biaya pernikahan.

Kiat Mudah Memilih Jasa Catering Pernikahan yang Berkualitas

catering pernikahan

Mencari vendor catering di awal memang terasa sangat sulit, khususnya jika Anda mencoba untuk menyesuaikan dengan biaya yang mepet namun jumlah tamu banyak dan menu bervariasi. Tapi setelah mendapatkan catering pernikahan yang tepat, Anda bisa memecahkan semua masalah tersebut.

Beberapa gedung pernikahan atau hotel biasanya menyediakan paket dengan jasa catering. Namun ada atau tidaknya in house catering dari tempat pernikahan Anda tetap harus memilihnya dengan lebih teliti. Jika sudah memiliki beberapa opsi maka akan lebih mudah untuk menemukan yang tepat.

Apabila masih belum ada opsi pemilihan dan Anda masih akan memulainya dari awal, maka ikuti tujuh tips berikut ini untuk memilih jasa catering pernikahan yang terbaik.

1. Tentukan Biaya Pernikahan

Sebelum langsung memilih tempat catering, sebaiknya tentukan berapa biaya pernikahan yang akan Anda keluarkan. Biaya ini nantinya akan mempengaruhi jumlah konsumsi serta tamu undangan. Lakukan beberapa riset mengenai biaya katering yang biasanya dikeluarkan pada sebuah acara pernikahan.

Biaya ini bukan hanya pada saat acara resepsi. Pikirkan semua rangkaian acara pernikahan, karena akan lebih mudah jika Anda bekerja sama dengan satu vendor saja. Ada beberapa rangkaian acara seperti malam pertunangan dan acara siraman yang juga perlu peranan jasa catering.

Apabila biaya sudah disiapkan maka pihak vendor akan lebih mudah untuk memberikan rancangan menu apa saja yang bisa disediakan. Anda cukup menjelaskan limit biaya yang disediakan untuk konsumsi pada acara pernikahan.

2. Temukan Desain Pernikahan

Sesuai dengan biaya yang sudah disediakan, Anda mungkin saja memiliki angan-angan desain pernikahan tertentu. Desain akan berbeda sesuai dengan tempat pernikahan. Ada dua desain perlu dipertimbangkan yaitu pernikahan yang diselenggarakan di rumah atau di gedung.

Catering akan menyediakan desain pernikahan dengan penataan meja serta dekorasi seperti balok es yang diukir. Oleh karena itu tentukan desain pernikahan apakah Anda ingin menggunakan konsumsi dengan buffet saja atau ditambah dengan gubuk-gubuk. Bisa juga memilih desain supaya semua tamu duduk dan makanan disajikan secara piringan.

Baca Juga  5 Tips Memilih Menu Catering Sehat Jakarta Selatan

3. Temukan Katering yang Tersedia

Tidak semua vendor akan tersedia sesuai dengan waktu pernikahan yang ditentukan. Biasanya saat musim pernikahan tiba ada banyak tempat catering yang penuh. Oleh karena itu lebih baik pilihlah catering yang available pada tanggal acara pernikahan. Cara ini juga cukup efektif untuk menyeleksi tempat catering.

Biasanya Anda bisa melakukan booking jika sudah menemukan tempat yang sesuai satu bulan hingga dua bulan sebelumnya. Supaya lebih aman, carilah vendor tiga bulan sebelumnya karena memutuskan tempat dan menanyakan ketersediaannya pada tanggal tertentu tidaklah mudah. Semakin banyak waktu yang tersedia maka akan lebih baik.

4. Mendapatkan Referensi

Referensi sangatlah penting untuk mendapatkan nama-nama catering terbaik. Carilah nama catering melalui gedung pernikahan atau hotel tempat Anda melaksanakan resepsi. Biasanya mereka akan memiliki banyak referensi catering terbaik yang pernah bekerja sama. Namun jika referensi yang diberikan kurang menarik perhatian, maka cari referensi lainnya.

Tempat lain yang bisa dijadikan referensi adalah berdasarkan saran dari teman atau keluarga yang pernah menyelenggarakan pesta pernikahan. Mereka pasti memiliki tempat catering favorit yang menyediakan menu enak dengan pelayanan terbaik. Teman dan keluarga akan berbagi pengalaman mereka bekerja sama dengan tempat catering.

5. Membaca Review secara Online

Jasa Catering Pernikahan Murah

Setelah mendapatkan referensi, biaya konsumsi untuk pernikahan dan ketersediaan catering sesuai dengan waktu acara, maka lakukan riset secara online. Saat ini sudah banyak jasa catering pernikahan yang bisa dilihat reviewnya melalui sosial media. Lakukan riset secara online dan temukan seperti apa review dari orang lain yang sudah bekerja sama.

Cari tahu juga melalui foto atau video dari menu-menu yang disajikan dan penataan desainnya dalam gedung. Pastinya sudah banyak orang yang memberikan komentar mengenai jasa tersebut baik dari segi pelayanan dan juga rasa makanan.

6. Buat Jadwal untuk Mencicipi Makanan

Sudah menemukan beberapa tempat catering, saatnya untuk mencicipi menu-menu yang mereka miliki. Biasanya kegiatan ini yang paling menarik selama mencari tempat catering yang tepat. Wajib untuk mencicipi setiap menu yang rencananya akan dipesan untuk mengetahui standar rasa makanan.

Kualitas makanan akan terlihat baik dari segi rasa dan penyajiannya sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Pada saat mencicipi makanan tidak ada salahnya juga jika Anda benar-benar ingin bekerja sama dengan pihak catering tersebut untuk memesan rasa tertentu.

Misalnya rasa makanan di jasa catering pernikahan tersebut terlalu pedas atau tidak ingin menggunakan bumbu tertentu. Bahkan jika Anda ingin menambahkan bahan masakan tertentu juga bisa didiskusikan saat mencicipi makanan.

7. Membuat Surat Kerjasama

Setelah mencicipi rasa makanan dari paket catering pernikahan, patinya Anda sudah bisa menentukan catering mana yang sebaiknya dipilih. Jika sudah menemukan catering yang tepat langkah terakhir adalah menandatangani kontrak kerja sama. Sebelum memberikan tanda tangan, Anda harus melihat kembali kontrak kerja yang diajukan.

Di dalamnya harus tertera dengan jelas menu makanan dan minuman, biayanya, jumlah staff yang bekerja pada saat acara, dan layanan lainnya yang dibutuhkan. Perhatikan juga perjanjian pembatalan apabila acara tidak jadi dilangsungkan. Berapa biaya pembatalan kontrak yang dibutuhkan.

Ketika kontrak kerja sudah sesuai dengan perjanjian dan yang Anda inginkan maka tak perlu ragu lagi untuk menandatanganinya.

Referensi Jasa Catering Pernikahan Murah Berpengalaman di Jabodetabek

paket catering pernikahan

Di kota Jakarta ada begitu banyak jasa catering pernikahan murah yang tersedia, tapi jika Anda tidak teliti memilihnya maka faktor kegagalan tidak dapat dihindari. Apalagi jika memilihnya secara asal. Kegagalan acara tentu tak ingin terjadi di hari besar Anda, seperti catering yang datang terlambat, rasa makanan yang tidak sesuai pesanan, hingga pelayanan dari staff yang kurang ramah.

Menghindari semua kegagalan tersebut, sebaiknya Anda memilih jasa catering pernikahan di rencraft.org yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Bagi Anda yang berencana untuk menyelenggarakan acara pernikahan dan tinggal di Jabodetabek tak perlu ragu lagi untuk memilih jasa catering di rencraft.org.

Mengapa memesan catering di rencraft.org? Berikut ini alasan catering ini menjadi referensi yang terbaik.

* Menyediakan paket catering pernikahan dengan harga murah

Modern ini banyak sekali acara pernikahan yang diselenggarakan dengan budget terbatas. Anda akan mendapatkan catering murah harga dibawah merata-rata kota Jakarta. Walaupun harga murah, namun tidak mengurangi kualitas dan kelengkapan menu-menu yang disediakan. Anda tetap bisa menyelenggarakan pesta pernikahan dengan tenang dengan murah.

* Berpengalaman sebagai catering pesta pernikahan

Pesta pernikahan apapun baik itu buffet, plated dinner, brunch style pernah dilayani. Jadi jika Anda ingin menyelenggarakan pesta dengan konsep tertentu cukup menjelaskan dan semua akan ditangani dengan sempurna. Memiliki pengalaman tentu saja akan menjamin kualitas makanan dan penyajian makanan kepada semua tamu undangan.

Baca Juga  Jenis-Jenis Kue Lebaran Jadul Sampai Modern yang Wajib Ada

* Dikerjakan oleh tenaga profesional

Semua staff mulai dari chef hingga server adalah tenaga profesional yang memiliki banyak pengalaman. Kemampuan dari setiap tenaga profesional sudah pasti sesuai dengan ekspektasi Anda. Mampu bekerja dengan cepat, bersih dan bersertifikat jadi Anda tidak perlu takut untuk kecewa.

* Dapur khusus yang higienis

Kebersihan selalu menjadi prioritas, semua bahan makanan akan diolah menjadi hidangan lezat sesuai standar yang telah ditetapkan. Untuk mempermudah layanan, dapur catering tersedia di wilayah Jakarta. Sehingga mempermudah mobilitas untuk ke banyak venue di Jabodetabek.

* Peralatan lengkap untuk semua pesta

Ada banyak jenis pesta pernikahan, semua pesta selalu membutuhkan peralatan yang lengkap. Bukan hanya sekedar buffet tetapi juga peralatan seperti piring, gelas, mangkuk, cutleries, dan juga gubuk-gubuk.

Semua peralatan dimiliki sendiri dan selalu terawat dengan baik. Semua peralatan catering juga selalu dijamin kebersihannya sehingga hidangan selalu disajikan dengan higienis.

* Operasional terbaik sebelum dan saat acara berlangsung

Banyak sekali yang merasa kecewa karena pemesanan catering tidak sesuai pada saat acara berlangsung. Baik itu dari segi rasa makanan dan operasional seperti kecepatan server selalu menyediakan makanan.

Pada pesta pernikahan makanan yang dihidangkan tidak boleh habis saat acara berlangsung dan hal ini menjadi tanggung jawab staff catering. Bersama dengan catering di Anda bisa mendapatkan pelayanan operasional terbaik di sebelum dan saat acara.

* Tak hanya murah tetapi banyak pilihan paket menu pernikahan

Menu selalu menjadi hal utama yang dilihat ketika pasangan pengantin memilih vendor catering. Jika menunya bervariasi dan sesuai dengan budget ditambah lagi kualitas rasa terbaik pastinya Anda tak akan segan lagi untuk memilih.

Disini Anda bisa memilih berbagai menu dari makanan Indonesia hingga Western. Semua menu ini bisa dipesan dari jumlah ratusan hingga ribuan dengan harga murah.

Tips Mudah Menghemat Biaya Pernikahan

 

Apabila tidak menerapkan budget pernikahan sejak awal, keinginan untuk menyelenggarakan pesta yang sederhana akan sulit terwujud. Anda perlu memperkirakan berapa budget dari awal menetapkan acara. Jika tidak maka akan banyak biaya tambahan yang mungkin tidak diperkirakan akan tiba-tiba muncul.

Jangan lupa juga untuk selalu membuat dana cadangan untuk kebutuhan pernikahan yang tidak terduga. Bagaimana cara Anda bisa menghemat biaya pernikahan supaya sesuai dengan target? Ikuti tipsnya berikut ini:

1. Pilih hari pernikahan jauh-jauh hari

Langkah pertama untuk berhemat adalah menentukan tanggal acara pernikahan akan dilangsungkan. Biasanya para orang tua akan memilihkan hari baik dan Anda bisa mempersiapkan biayanya dalam waktu tersebut.

Waktu yang tepat untuk merencanakan tanggal pernikahan adalah setengah tahun atau satu tahun sebelumnya. Selama waktu tersebut Anda juga bisa melakukan perencanaan acara yang lebih matang.

Dalam waktu enam bulan hingga satu tahun Anda bisa menetapkan biaya yang akan dimiliki dan merancang pesta yang akan diselenggarakan. Anda juga akan menentukan skala tamu undangan, dengan biaya yang sesuai jumlah tamu juga jangan terlalu banyak. Tidak masalah untuk mengundang teman dan keluarga dekat saja asalkan acara bisa berlangsung dengan lebih kekeluargaan.

2. Buat skala prioritas selama tahapan acara

Mengadakan acara pernikahan bukan hanya sekedar resepsi, Anda bahkan bisa mengadakan pesta dua kali atau tiga kali tergantung budget. Jika ingin hemat buatlah skala prioritas untuk rangkaian acara yang akan dilangsungkan. Pilih hal yang penting-penting saja misalnya cukup menggelar pesta resepsi satu kali di rumah atau di gedung.

Jika ingin mencari tempat resepsi lakukan riset terlebih dahulu sama ketika mencari tempat catering. Anda bisa mendatangi setiap tempat dan saling membandingkan harganya. Untuk bisa lebih hemat lagi, akan lebih baik jika menyewa pakaian pengantin daripada harus membelinya karena Anda hanya akan menggunakannya sekali saja.

Baik itu tempat sewa pakaian, tempat acara, tempat catering, make up, hingga seserahan perlu dibandingkan dan buat skala prioritasnya. Manakah yang penting dan hindari untuk menambahkan yang tidak diperlukan seperti menyewa mobil pengantin yang harganya jutaan rupiah.

3. Menggunakan vendor milik keluarga atau teman

Ada cara mudah untuk memangkas banyak biaya yaitu menggunakan jasa pernikahan milik teman atau keluarga. Apabila memiliki teman atau keluarga yang berbisnis dalam bidang wedding organizer, catering hingga menyewakan tempat tak perlu ragu untuk menghubunginya. Cara ini sangat tepat karena Anda akan mendapat lebih banyak referensi.

Belum lagi jika menyewa jasa kerabat dekat tentunya Anda bisa mendapatkan diskon. Selain itu tak mungkin tertipu dengan kualitas yang diberikan misalnya untuk catering Anda bisa mendapatkan hidangan enak bahkan ditambahkan supaya tidak kekurangan saat acara.

Apabila tidak ada teman atau keluarga yang memiliki bisnis pernikahan maka cobalah untuk negosiasi dengan mengiklankan saat acara berlangsung. Misalnya saja untuk vendor dekorasi Anda bisa meminta diskon 20% dengan mempromosikan mereka saat acara.

4. Jangan lupa meminta bantuan teman atau keluarga

Merencanakan acara pernikahan baik skala besar dan kecil tidak bisa dilakukan berdua saja. Anda perlu meminta bantuan dari teman atau keluarga jika tidak menggunakan jasa wedding organizer. Maka semua orang akan bertugas dengan tanggung jawab masing-masing.

Misalnya saja meminta bantuan beberapa tema untuk menghubungi dan menjadi supervisor catering. Bisa juga meminta bantuan untuk menghubungi dan mengawasi pihak dekorasi. Fungsinya supaya pasangan pengantin bisa lebih fokus mempersiapkan mental pada hari pernikahan.

Selain itu tanpa menggunakan wedding organizer dan meminta bantuan kerabat Anda bisa lebih menghemat biaya.

5. Kreatif dalam memilih souvenir

Souvenir akan menjadi bagian yang cukup penting untuk menghemat biaya pernikahan. Anda tak perlu memberikan souvenir yang terlalu mewah, tetapi bisa merancang sendiri dengan modal yang tidak mahal. Uji kreativitas Anda untuk memilih souvenir unik yang murah serta berkesan.

Misalnya saja bibit tanaman, pensil dengan ukiran atau sabun dan lilin. Apapun souvenir yang dipilih pastikan memiliki kesan menarik.

Nah itu tadi bagaimana Anda bisa memilih jasa catering pernikahan hingga cara untuk menghemat biaya saat acara resepsi. Tak perlu pikir panjang, yuk rencanakan pernikahan Anda dengan lebih meriah dan hemat budget.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI