Couscous Adalah – Tahukah Anda bahwa couscous adalah makanan tradisional yang bergizi dan penuh nutrisi.

Makanan ini populer di negara Afrika Utara dan Timur Tengah, seperti Aljazair, Maroko, Tunisia, Arab, dan Libya. Khusus di Maroko, couscous menjadi hidangan spesial di hari Jum’at dan beberapa hari penting. Sama halnya dengan Kari Daging di Aceh.

Saat ini couscous semakin berkembang, sehingga banyak dikonsumsi di Eropa dan Asia, termasuk Indonesia. Namun warga Indonesia lebih familiar dengan nama bulgur ketimbang couscous.

Couscous Adalah Makanan Tradisional Bergizi

Couscous Lamb Salad

Seperti pasta, couscous mengandung banyak karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Karenanya, couscous sering dijadikan makanan utama di negara-negara yang disebutkan sebelumnya.

Couscous juga mengandung protein yang merupakan zat gizi untuk pembentukan jaringan sel tubuh. Karena kandungan nutrisi yang tinggi, couscous adalah makanan yang tepat untuk dikonsumsi penderita diabetes, kolesterol, dan penyakit jantung. Ditambah lagi dengan serat yang tinggi dan zat besi.

Baca Juga  Teks Prosedur Cara Membuat Nasi Goreng dalam Bahasa Indonesia

Bahan utama dari couscous adalah gandum semolina yang digiling secara kasar lalu dimasak dengan cara direbus, seperti pasta. Bentuknya bulir-bulir kecil kasar yang pendek, hampir menyerupai beras. Oiya, gandum yang digunakan berbeda dengan yang biasa dipakai untuk membuat roti ya!

3 Jenis Couscous

3 Jenis Couscous

Perlu kamu ketahui ya, ada 3 jenis couscous berbeda yang bisa ditemukan. Pertama adalah couscous Maroko yang bentuknya kecil dan lebih cepat matang saat dimasak.

Lalu kedua adalah couscous dari Israel yang ukurannya lebih besar sehingga memakan waktu sedikit lebih lama dari couscous Maroko. Dan yang lebih besar lagi dari keduanya adalah Lebanese couscous dengan waktu masak yang jauh lebih lama.

Couscous adalah biasa disajikan dengan makanan pendamping lainnya seperti daging dan sayur, serta bumbu rempah-rempah yang kuat.

Sayur yang digunakan biasanya adalah wortel, kacang chickpea, zucchini, lobak, kapri manis, dan kismis. Untuk daging pendampingnya adalah daging domba ataupun ayam. Kamu bisa memakan semuanya secara bersamaan dengan cara dituang atau dimakan terpisah. Semua bisa disesuaikan dengan selera kamu tentunya!

Dalam dunia kuliner sendiri couscous dibuat menjadi berbagai macam olahan. Resep couscous semakin bervariasi, dari nuansa Timur Tengah sampai dengan Eropa. Umumnya, di tempat asalnya kamu akan menemukan couscous diolah menjadi nasi kebuli atau isian soup, dan bahkan menjadi bubur. Mungkin buat kamu yang tidak biasa akan aneh rasanya. Apalagi bila kamu belum pernah mencobanya.

Resep Cara Memasak Couscous

Cara Memasak Couscous

Masak couscous itu cukup mudah loh. Kamu tinggal masukan couscous yang masih mentah kedalam air atau cairan lainnya, seperti susu. Setelah dimasak, couscous akan menjadi lembut dan nikmat saat dimakan. Tapi ingat, takaran airnya harus pas agar tidak kering saat matang.

Kalau untuk ukuran yang lebih besar seperti Lebanese couscous, kamu harus lebih sabar ya saat memasaknya. Nah biar kamu gak penasaran dengan rasanya, mending langsung coba mengolah makanan tersebut. Berikut adalah resep couscous yang bisa kamu contek untuk dimasak bersama keluarga maupun kerabat di rumah. Tenang, gak sulit kok.

1. Couscous Lamb Salad

Resep ini sempat heboh saat dimasak oleh seorang peserta Masterchef Indonesia season 3, yaitu Michael yang sebelumnya berprofesi sebagai guru. Prosesnya cukup mudah. Tentunya bisa kamu buat di rumah dengan perlengkapan yang kamu miliki. Berikut resep Couscous Lamb Salad.

Bahan-bahan:

500g labu dipotong kotak-kotak
1 bawang Merah, iris tipis-tipis
1 sdm minyak Zaitun
500g daging Domba, dipotong dadu ramping
2 sdt Rosemary segar, cincang halus
2 cangkir couscous
1/4 cangkir kismis
2 gelas air mendidih
100g pkt campuran kacang, dipanggang
1/4 cangkir peterseli daun datar segar, dicincang
Jus dan kulit 1 jeruk
Jus dan semangat dari 1 lemon
1 sdm madu

Baca Juga  5 Tips Memilih Menu Catering Sehat Jakarta Selatan
Cara Memasak:

Langkah 1

Panaskan lebih dulu oven sampai suhu 220C. Campurkan labu, bawang merah, dan sebagian minyak dalam wajan panggang yang akan digunakan. Lalu panggang selama 30 menit.

Langkah 2

Sementara itu, siapkan bahan-bahan lainnya. Oleskan domba dengan sisa minyak zaitun yang tersedia, dan juga tambahkan rosemary dalam mangkuk.

Diamkan selama 10 menit. Masak menggunakan wajan anti-lengket yang cukup besar untuk menampung daging domba. Tidak perlu lama-lama, hanya sekitar 3 menit dengan api besar. Pastikan sampai warna menjadi kecoklatan tapi tetap merah muda di tengahnya untuk menghasilkan tekstur yang empuk atau juicy.

Langkah 3

Selanjutnya, tempatkan couscous dan kismis dalam mangkuk besar yang tahan panas. Tambahkan air mendidih, tutup, dan diamkan selama 5 menit. Jangan terlalu lama ya. Hancurkan couscous dengan garpu. Tambahkan labu, domba, kacang, peterseli, dan bahan-bahan lainnya yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Langkah 4

Beri bumbu seperti lada atau garam sesuai dengan selera kamu. Selagi hangat, sajikan segera di meja makan dan ajak keluarga kamu untuk makan bersama-sama. Bagaimana resep couscousnya? Mudah bukan.

2. Sup Kentang dan Couscous

Sup Kentang dan Couscous

Bahan-bahan:

2 buah kentang berukuran sedang
1 cangkir couscous atau disesuaikan
1 sdm pasta tomat
1 sdt cabe yang sudah digiling
1 sdm butter
1 buah bawang bombay berukuran besar
1 sdt garam
Gula secukupnya
Minyak zaitun secukupnya
Air secukupnya
Sarden bila suka

Cara memasak:

Langkah 1

Iris bawang bombay tipis-tipis. Panaskan butter dan minyak zaitun pada wajan yang cukup besar. Gunakan api sedang dan jangan terlalu besar agar tidak gosong. Setelah layu, masukan pasta tomat yang sudah kamu siapkan bersama dengan cabai yang sudah digiling. Masak hingga harum.

Langkah 2

Potong kentang kotak-kotak dan secara bersamaan masukan dengan couscous ke dalam wajan tadi. Campur dan aduk hingga merata. Tidak perlu lama-lama ya.

Baca Juga  Butuh Jasa Catering Pernikahan? Simak 7 Tips Mencarinya

Langkah 3

Tambahkan bumbu garam 1 sdt, serta sedikit gula dan lada. Kamu bisa cicipi sedikit sebelum menambahkannya. Masukan air dan tunggu sampai matang.

Langkah 4

Bila kamu berminat bisa tambahkan sarden juga ya sebagai pelengkap. Caranya tinggal masukan setelah memasak bawang bombay hingga layu.

Langkah 5

Sajikan selagi selagi hangat. Biasanya ini untuk 2 porsi ya. Jadi bila ingin buat lebih banyak, kamu tinggal tambahkan bahan-bahannya sesuai kebutuhan. Mudah bukan?

Diatas merupakan 2 resep couscous yang bisa kamu buat dengan mudah. Pastinya couscous adalah makanan sederhana namun tetap mengenyangkan dan bisa dikombinasikan dengan berbagai bumbu yang ada di dapur.

Kamu tidak perlu terpaku dengan bumbu ala timur tengah yang cukup banyak. Bahkan hanya dengan saus atau pasta tomat saja, couscous bisa menjadi makanan yang menarik untuk dihidangkan saat kumpul bersama keluarga.

Ada banyak resep couscous lainnya yang bisa kamu coba sendiri ya, seperti Kari couscous dengan Ayam Panggang atau couscous dengan Ikan Salmon yang dimasak dalam wajan. Silahkan berkreasi dengan couscous, makan lezat penuh nutrisi yang baik untuk tubuh.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI