Contoh menu prasmanan hajatan bisa sangat beragam jenisnya. Saat akan melaksanakan hajatan ada hal lain selain persiapan lain seperti busana dan undangan yang harus dipersiapkan. Tentunya, Anda juga pasti memikirkan menu prasmanan yang akan disajikan.

Ada banyak menu yang bisa dihidangkan untuk prasmanan saat hajatan. Tapi, pastikan Anda tidak asal memilih menu dan lebih parahnya lagi tidak memperhatikan rasa dari hidangan tersebut. Apalagi saat Anda akan melaksanakan hajatan pernikahan.

Karena selain busana dan tema dekorasi saat acara, para tamu juga pasti akan memperhatikan kualitas dan rasa hidangan yang Anda suguhkan. Jangan sampai Anda justru mengecewakan para tamu dengan memberikan jamuan yang kurang berkenan.

Sebaiknya, anggaplah hidangan yang Anda sajikan adalah jamuan terima kasih atas kehadiran mereka pada acara hajatan yang Anda gelar. Ada beberapa menu prasmanan sederhana tapi bercita rasa tinggi yang bisa Anda suguhkan pada acara hajatan. Ingin tahu apa saja menu tersebut? Simak selengkapnya di artikel ini.

Contoh Menu Prasmanan Hajatan Pernikahan

Contoh menu prasmanan hajatan

Saat mengadakan pesta pernikahan, Anda bisa mengadakannya di rumah ataupun di gedung. Namun yang pasti harus tersedia adalah berbagai menu makanan yang akan dihidangkan bagi para tamu.

Anda juga bisa mengadakan hajatan pernikahan secara sederhana maupun secara modern. Sebagai gambaran untuk mengetahui apa saja menu yang biasanya ada pada acara hajatan, berikut ini beberapa contoh menu prasmanan hajatan yang perlu Anda ketahui:

Saat mengadakan acara hajatan pernikahan yang diadakan secara sederhana, ada beberapa menu yang disajikan. Diantaranya adalah:

1. Nasi

Nasi merupakan makanan yang wajib ada sebagai menu utama pada prasmanan hajatan. Pada acara hajatan sederhana, Anda bisa menggunakan nasi putih. Nasi putih yang Anda pilih tentu saja akan mempermudah para tamu untuk bisa mengkombinasikannya dengan berbagai jenis lauk pauk yang tersedia.

2. Sup

Menu selanjutnya yang sering ada saat prasmanan hajatan adalah sup. Anda bisa menggunakan sup sayur yang ditambahkan potongan ayam.

3. Karedok atau lotek

Karedok atau lotek saat ini bukan hanya menjadi contoh menu prasmanan hajatan khas sunda melainkan sudah menjadi budaya nasional. Menyajikan menu ini bisa menjadi pilihan yang menarik saat Anda mengadakan hajatan pernikahan.

4. Olahan Ayam atau Daging

Ayam atau daging masih menjadi bahan olahan yang paling sering muncul pada menu prasmanan. Selain karena mudah didapat, olahan dari kedua bahan ini memang sangat beragam. Sehingga memudahkan cara pengolahannya.

Baca Juga  Butuh Jasa Catering Pernikahan? Simak 7 Tips Mencarinya

5. Kerupuk dan Sambal

Menu yang tak kalah wajib untuk ada di prasmanan adalah kerupuk dan sambal. Kedua menu ini meski terkesan menjadi menu tersier, tetapi juga merupakan pelengkap cita rasa.

6. Potongan Buah-Buahan

Sebagai penutup, disediakan potongan buah buahan yang disuguhkan. Biasanya menggunakan buah semangka ataupun melon yang dipotong dadu.

7. Air Mineral atau Teh

Jangan lupakan minuman yang perlu disuguhkan. Anda bisa menggunakan air mineral dalam kemasan gelas plastik agar lebih mudah. Anda juga bisa menyuguhkan teh untuk para tamu sebagai variasi minuman.

Meski terkesan sederhana, berbagai menu ini bisa menjadi hidangan menarik yang memanjakan lidah para tamu lho. Anda juga bisa menghemat biaya dengan meminta bantuan keluarga atau tetangga dekat untuk memasaknya. Ata, jika merasa cukup kerepotan Anda bisa memilih menggunakan jasa catering.

Contoh Menu Hajatan Pernikahan di Gedung

menu pesta pernikahan

Saat mengadakan acara hajatan pernikahan yang diadakan di gedung, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa catering untuk lebih mempermudah penyajiannya. Ada beberapa menu yang bisa dipilih untuk disajikan. Diantaranya adalah:

1. Nasi

Anda bisa menggunakan beberapa varian untuk menyajikan nasi selai nasi putih. Diantaranya adalah nasi goreng ataupun nasi liwet. Untuk nasi, Anda bisa meminta pihak catering menyediakan 1 atau beberapa jenis nasi sebagai alternatif.

2. Menu Olahan Sup

Untuk menu sup, Anda dapat memilih untuk menyajikan menu sup sayur maupun sup daging. Lakukan koordinasi terbaik dengan pihak catering agar tidak terjadi kesalahan saat penyajian.

3. Menu Olahan Ayam

Ayam tetap menjadi pilihan yang populer, bahkan tidak lengkap rasanya jika belum ada menu ayam yang tersaji. Contoh menu prasmanan hajatan pernikahan yang Anda gelar di gedung bisa menyajikan beberapa jenis olahan ayam. Pilihlah menu olahan ayam terbaik yang menurut Anda bisa dinikmati oleh seluruh tamu.

Baca Juga  Karage Adalah Gorengan Khas Jepang, Intip Cara Membuatnya

4. Aneka Menu Ikan

Agar para tamu tidak bosan dengan menu ayam, meminta pihak catering mengidangkan menu ikan bisa menjadi alternatif yang tepat. Jangan lupa untuk memilih jenis masakan ikan yang banyak diminati agar para tamu dapat menikmatinya.

5. Aneka Menu Olahan Daging

Ayam dan ikan sudah, sekarang saatnya ke menu dengan bahan dasar daging. Menu dengan bahan dasar daging sapi bisa dipilih menjadi hidangan yang lezat. Anda bisa memilih menyajikannya dalam bentuk rendang, dendeng atau menu lainnya.

6. Aneka Menu Sate

Ayam atau daging sapi yang Anda pilih bisa juga lho untuk diolah menjadi sate. Dinikmati dengan bumbu kacang yang lezat pasti pas untuk menjadi hidangan para tamu.

7. Siomay atau Bakso

Setelah menu makanan berat, Anda perlu menyediakan menu makanan ringan seperti siomay atau bakso. Menu ini bisa menjadi alternatif kudapan bagi para tamu yang mungkin saja tidak ingin mencicipi hidangan utama.

8. Aneka Hidangan Penutup Mulut

Selain siomay dan bakso, Anda bisa menyediakan aneka hidangan penutup lainnya. Seperti potongan buah-buahan, puding, atau bisa saja aneka jajanan pasar.

9. Aneka Minuman

Jangan lupa untuk sediakan minuman bagi para tamu. Anda bisa menyediakan minuman jeruk, teh, ataupun air mineral.

Meski terkesan mudah dan tidak merepotkan, nyatanya mengunakan jasa catering juga bisa menyebabkan budget Anda membengkak. Tapi, bukan berarti tidak ada vendor catering yang bisa menyediakan hidangan lezat dengan harga terjangkau. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, simak rekomendasinya dibawah ini ya.

Rekomendasi Catering Prasmanan Hajatan Terbaik

menu hajatan sederhana

Untuk mengadakan acara hajatan, Anda memang bisa memilih menggunakan jasa vendor agar lebih mudah. Terutama vendor catering yang akan membantu Anda menyediakan aneka hidangan lezat bagi para tamu tanpa harus bersusah payah memasaknya terlebih dahulu.

Meski demikian, masalah biaya pasti menjadi perhatian utama Anda saat memilih menggunakan jasa penyedia catering. Tapi jangan bingung dan khawatir dulu karena Anda masih bisa mendapatkan hidangan berkualitas dengan harga terjangkau dari penyedia jasa catering.

Baca Juga  Penyedia Paket Catering Pernikahan Jakarta Recommended

Apalagi kalau bukan Dapur Patriot tempatnya. Anda tetap akan mendapatkan kualitas hidangan dengan rasa terbaik yang dibanderol dengan harga menarik. Cukup ramah di kantong dan bisa memanjakan lidah para tamu.

Acara hajatan pernikahan Anda akan berjalan lebih lancar dan berkesan bila para tamu juga dapat menikmati acara tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan tentu dengan menyediakan hidangan terbaik.

Jadi, masih bingung untuk memilih vendor catering berkualitas dengan harga terjangkau? Jangan bingung dan ragu lagi ya, pakai Dapur Patriot aja!

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI