Contoh Menu Buffet – Dalam dunia food and beverage terdapat istilah buffet service. Jika dilihat dari pengertiannya adalah sebuah sistem self service untuk makan di restoran atau di sebuah acara pesta. Tapi tidak banyak yang tahu apa itu buffet di Indonesia, karena lebih dikenal dengan prasmanan.

Kebanyakan restoran tradisional di Eropa masih menerapkan sistem ini karena mampu menghemat staf. Cara ini digunakan bisa dikarenakan ada begitu banyak konsumen yang datang sehingga restoran dapat mendapatkan lebih banyak keuntungan. Ditambah lagi sistem ini sangat mudah untuk ditangani.

Contoh menu buffet pun sangat beragam, karena tinggal di Indonesia menu pun disesuaikan ada yang tradisional dan ada juga internasional. Di Indonesia cara penyajian ini lebih banyak diterapkan di hotel-hotel dengan promo all you can eat serta pesta pernikahan.

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Buffet Service

Apa Itu Buffet Service

Siapakah yang menciptakan buffet? Tentu saja bukan dari Indonesia. Istilahbuffet sendiri berasal dari Perancis yang artinya adalah meja samping. Memang benar istilah ini sebenarnya mengacu pada sebuah furniture yang digunakan untuk menyajikan makanan. Kemudian orang-orang Swedia mempopulerkan gaya makan ini di abad ke 20 dengan konsep smorgasbord.

Cara makan orang Swedia tersebut secara tidak sengaja dipamerkan pada tahun 1939 di acara pameran New York World’s Fair. Smorgasbord adalah sebuah alasan supaya semua tamu dapat menikmati hidangan utama sambil berdiri bersama teman dan keluarga. Buffer sendiri kemudian mulai terkenal di Amerika, khususnya Las Vegas sekitar tahun 1940 an.

Herb McDonald kemudian menciptakan Buckaroo Buffet di mana semua orang dapat memilih salad, seafood, dan hidangan lainnya. Tujuan utamanya adalah supaya lebih banyak orang berada dalam kasino lebih lama dan ingin bermain terus. Terkenalnya buffet sebagai cara makan terus menyebar ke seluruh Amerika dan sangat populer di tahun 1980 an.

Lebih banyak restoran di Amerika yang menyajikan makanan buffet seperti salad, buah, makanan yang hangat hingga dessert. Ada beberapa aturan yang harus diikuti dalam buffet yaitu makanan yang berbeda harus disajikan kepada tamu. Makanan juga harus baru dan memiliki temperatur yang sesuai. Beberapa staf akan berdiri di samping meja buffet untuk memudahkan tamu mendapat makanan.

Konsep Menu Buffet

menu buffet

Setidaknya ada beberapa konsep buffet yang kini banyak digunakan restoran, hotel hingga di institusi seperti kantor. Apa saja itu?

1. All you can eat

Konsep ini sesuai dengan namanya dimana tamu bisa mendapatkan begitu banyak pilihan makanan. Tamu hanya perlu membayar biaya yang telah ditetapkan dan memilih makanan apa saja yang diinginkan.

Mulai dari makanan pembuka, salad, makanan yang panas hingga hidangan pencuci mulut. Tak hanya hotel, tetapi beberapa restoran di Indonesia banyak yang menerapkan sistem ini.

2. Kafetaria

Konsep ini lebih banyak diterapkan pada kantin universitas hingga kantor-kantor besar atau pabrik. Beberapa restoran juga menerapkan konsep ini, di mana konsumen akan memilih makanan dan menempatkannya di atas piring sesuai dengan jalur yang telah dibuat.

3. Menu khusus

Beberapa restoran menerapkan konsep ini untuk menarik perhatian dari para tamu. Mereka akan menggunakan menu khusus di hari tertentu supaya tamu tertarik untuk datang. Misalnya saja hidangan khusus seafood pada hari Jumat.

4. Katering

Beberapa restoran juga menawarkan servis buffet untuk acara khusus dalam bentuk catering. Acara seperti pernikahan ulang tahun, pernikahan atau pesta lainnya. Mengharuskan mereka untuk membuat buffet di dalam gedung atau outdoor seperti permintaan konsumen.

5. Makanan sehat

Ada juga konsep buffet dalam bentuk makanan sehat. Tagline yang digunakan adalah healthy all you can eat dan sangat populer di Amerika. Di Jakarta sudah ada beberapa restoran yang menawarkan konsep ini dengan hidangan yang terbuat dari bahan organik.

Contoh Menu Buffet Hidangan Tradisional dan Internasional

Contoh Menu Buffet Hidangan Tradisional dan Internasional

Karena buffet sudah menyesuaikan dengan lidah Indonesia maka hidangan yang disajikan pun tidak melulu masakan internasional. Ada begitu banyak acara pernikahan di mana orang-orang lebih banyak memilih menu makanan yang tradisional atau khas Indonesia.

Karena lidah para tamu yang diundang tidak selalu cocok dengan makanan internasional. Berikut ini contoh menu buffet untuk hidangan tradisional dan internasional.

1. Menu Buffet Tradisional

Menu Buffet Tradisional

Appetizer
Plecing kangkung

Soup
Sop timlo

Main Course
Nasi putih
Nasi goreng
Ayam panggang Klaten
Udang goreng mentega
Sambal goreng ati ampela
Rendang Padang
Mi goreng telur sayur
Kerupuk

Dessert
Buah potong segar
Puding

Drink
Air mineral
Softdrink/ Jus

Baca Juga  Bingung Pilih Snack Sore untuk Meeting? Pesan Ini Saja

2. Menu Buffet Internasional

Menu Buffet Internasional

Appetizer
Couscous salad

Soup
Sup asparagus

Main Course
Lemon chicken piccata with garlic
Spice salmon with avocado
Slow braised short ribs
Wild mushroom ravioli
Potato gratin with parmesan
Assorted grilled vegetables

Dessert
Seasonal fruit platter
Classic Tiramisu

Drink
Air mineral
Kopi/ teh

Anda ingin mendapatkan menu buffet yang lebih lengkap lagi? Dapatkan menu yang lebih lengkap di Dapur Patriot. Anda juga bisa langsung memakainya untuk berbagai jenis acara seperti pernikahan, ulang tahun dan pesta lainnya.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI