Catering Makan Siang Jakarta – Pernahkah berpikir bagaimana mengatur menu makan siang sebuah pabrik besar dengan jumlah ratusan hingga ribuan karyawan? Tentu pusing bukan, selain soal masalah agar pengaturan menu cocok di semua lidah karyawan, manajer pabrik juga harus mengatur anggaran jatah makan per orang agar tidak membebani keuangan pabrik.

Beberapa pabrik menerapkan aturan aturan yang berbeda dalam mengatur jatah makan siang karyawannya. Ada beberapa pabrik yang menjadikan catering pabrik sebagai tulang punggung penyiapan menu karyawannya, ada yang menyewa jasa catering pihak ketiga dan ada juga yang memberikan jatah catering makan siang kantor dengan uang yang bisa dibelanjakan, sehingga karyawan bebas mau makan siang dimana saja.

Nah, pada kasus terakhir ini pemberian jatah makan siang dengan diganti uang hanya berlaku di kantor kantor yang memiliki karyawan di bawah 200 orang, selain karena faktor kemudahan juga faktor fleksibilitas dalam pekerjaannya. Opsi ini tentu saja akan sangat susah diterapkan pada catering pabrik dengan karyawan berjumlah di atas 500 orang.

Bukan pada masalah uangnya, tetapi karyawan pabrik hanya mendapat istirahat satu jam makan siang saja, lalu bagaimana jika terlambat kembali bekerja karena berebut mencari warung untuk makan siang? Nah itulah mengapa pabrik pabrik besar seringkali memiliki catering pabrik sendiri atau jasa catering yang bisa menghandle menu makan ribuan karyawannya.

Jika anda pernah menjadi pegawai pabrik di pusat industri seperti JABABEKA, maka bisa memahami kenapa catering karyawan pabrik pabrik besar disana ditangani catering pabrik sendiri atau menyewa jasa catering pihak ketiga. Efektivitas kerja dan produktivitas menjadi alasan utama.

Jika diperjelas, para karyawan pabrik ini akan mendapat istirahat siang saat bel berbunyi jam 12 siang dan akan kembali masuk pada pukul 13 siang.

Baca Juga  6 Menu Makanan Sehat ala Health’s Kitchen Jakarta

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika karyawan berjumlah 200 orang, maka sangat dengan mudah memberi jatah uang, karyawan akan sukarela mencari rumah makan untuk makan siang. Sementara pekerja pabrik yang berjumlah ribuan? Tentu saja waktu satu jam tidak akan cukup. Itulah mengapa dipilih catering karyawan yang dipegang langsung catering pabrik.

Salah satu contoh paling nyata dari efektivitas produktivitas ini adalah pabrik LG di jababeka. Pabrik LG memiliki ribuan karyawan, dengan pembagian dua shif. Shif pertama dari jam 7 pagi sampai 5 sore dengan jatah makan siang di jam 12 hingga 13 (termasuk isitirahat shalat bagi muslim).

Waktu satu jam ini catering karyawan di handle catering pabrik yang telah menyediakan ribuan porsi makanan, karyawan tinggal antri sesuai loket yang telah ditentukan (ada sekitar 5 hingga 10 loket pengambilan makanan dengan berbagai menu seperti ikan, udang, ayam hingga aneka makanan lain).

Karyawan masing masing akan mendapat porsi dalam bentuk nampan, untuk minum bisa mengambil dispenser yang telah disediakan. Rata rata waktu yang dibutuhkan seorang karyawan untuk menghabiskan makan siangnya 15 sampai 30 menit di sebuah aula yang bisa diisi ribuan orang. Jadi dalam waktu 1 jam saja, seorang karyawan bisa makan siang dan bisa shalat atau istirahat sebelum masuk kerja lagi. Simpel dan efektif sekali kan?

Kenapa Harus Memilih Catering Makan Siang Jakarta?

catering makan siang

Ini pertanyaan yang penting sebelum melanjutkan pembahasan selanjutnya kenapa pengaturan catering pabrik lebih banyak dihandle oleh pabrik itu sendiri.

Salah satunya adalah persoalan efektivitas kerja dan produktivitas kerja, selain itu ada banyak pertimbangan lain, berikut faktor faktor pentingnya:

1.Faktor anggaran: jika jatah makan dijadikan uang

Maka perusahaan akan memberikan uang dalam jumlah besar setiap harinya, ini tentunya akan merepotkan. Kalaupun jatah makan siang berbentuk uang dimasukkan dalam jatah gaji, tidak semua karyawan mampu memanajemen uangnya dengan baik.

Jika gagal mengalokasikan untuk makan siang bukan tidak mungkin karyawannya malah sakit dan tidak bisa bekerja sehingga menyusahkan pabrik itu sendiri.

2. Mudah mengatur pengeluaran

Sementara jika anggaran ini dialokasikan pada catering makan siang yang dihandle (dipegang) oleh catering pabrik akan memudahkan pengaturan. Manajer pabrik akan menghitung pengeluaran bulanan hingga tahunan.

Dan dengan mengatur menu secara permanen selama setahun kedepan dan sudah ada kepanitiaan (pengurus) yang mengurusi proses penyajian makan siang tersebut. Manajer tentang, karyawan tenang dan pengurus juga tenang.

Baca Juga  Menu Nasi Kotak untuk Selamatan atau Syukuran yang Istimewa

3.Faktor produktivitas

Jika membiarkan karyawan mencari makan sendiri selama satu jam, maka waktu satu jam akan habis dalam mencari warung makan, karena tentunya tidak semua karyawan mau membawa bekal makan siang dari rumah masing masing.

Jika karyawan tidak bisa mengatur waktu satu jam dengan baik, gagal untuk makan siang, lalu kerjanya tidak maksimal? Tentunya akan berdampak pada produktivitas bukan? Nah dengan mengatur catering makan siang pabrik maka manajemen pabrik turut mengatur agar produktivitas karyawan terjaga.

4.Faktor efektivitas

Dengan memberikan karyawan kebebasan makan dimana saja, maka pengaturan gerak karyawan akan sulit diawasi, ada yang mencari makan jauh dari pabrik ada yang makan bekal di sudut sudut pabrik dan tersebar kemana mana.

Dengan memusatkan catering makan siang karyawan pada kantin, maka pergerakan karyawan bisa diawasi dan dapat dikontrol dengan mudah untuk kembali bekerja saat jam masuk kerja dimulai.

Kenapa Catering Makan Siang Jakarta Perlu Bergizi?

catering makan siang jakarta

Faktor murah dalam pengelolaan catering makan siang kantor adalah hal yang pasti, tidak semua pabrik dan organisasi mau memberikan anggaran mahal hanya untuk urusan makan siang, kecuali organisasi yang berhubungan dengan atlet tentunya.

Penentuan murah ini karena alasan semata mata ekonomi saja, coba bayangkan jika ada ribuan karyawan yang diberikan makan dengan porsi yang mahal tentunya akan memberatkan keuangan pabrik bukan? Nah itulah mengapa dipilih menu catering pabrik yang murah tetapi tidak asal jenis makanan.

Pabrik-pabrik biasanya memiliki dokter klinik dan ahli gizi yang akan mengatur penyajian makanan menu makan secara murah tetapi tetap mempertimbangkan gizi yang cukup untuk dimakan karyawan.

Baca Juga  Catering Harian Jakarta Selatan Untuk Penderita Diabetes

Persoalan gizi ini cukup penting akan dibahas kemudian. Dokter dan ahli gizi akan mengatur menu menu sajian makan siang pabrik yang akan dipermanenkan dalam beberapa bulan hingga setahun kedepan dengan sistem rolling alias diputar agar karyawan tidak bosan.

Selain itu strategi lainnya adalah menyajikan pilihan menu saat makan siang, seperti contoh dalam Pabrik LG di JABABEKA, dimana karyawan bisa memilih makan siang apakah dengan menu ikan, telur, udang atau menu lainnya, karyawan tinggal antri di loket yang ada.

Pada persoalan gizi ini sangat penting dan menyangkut produktivitas pabrik. Karyawan telah menghabiskan waktu dan tenaga mereka untuk bekerja, mengabdi dan mengejar target kerja pabrik, sehingga pabrik berkewajiban menjaga asupan gizi catering makan siang kantor karyawan dengan gizi yang cukup, minimal menu menu yang disajikan empat sehat dan lima sempurna.

Menghubungkan antara menu makan murah dengan menu makan bergizi sangat mudah, biasanya dicari menu menu dengan standar optimal atau menu pengganti yang mempunyai gizi yang sama.

Misalnya adalah karyawan butuh asupan vitamin C, maka akan disajikan buah buahan standar seperti jeruk, semangka, dan melon. Biasanya jarang disajikan manggis, pir atau buah buahan mahal lainnya. Begitu juga dalam masalah asupan vitamin dan mineral lainnya, jika dirasa harga bahan bahannya terlalu tinggi.

Pabrik akan memberikan tablet vitamin hisap murah yang bisa memberikan gizi bagi karyawan. Karena jika membeli bahan makanan yang terlalu mahal bisa membebani keuangan pabrik yang bisa berpotensi bangkrut. Karena kenaikan untuk seribu rupiah saja jika dikalikan ribuan karyawan berarti ada kenaikan 10 juta hingga 100 juta uang makan.

Menu Catering Makan Siang Jakarta Untuk Kantor 

Menu Catering Makan Siang Jakarta Untuk Kantor 

Nah, pada pembahasan selanjutnya adalah menu menu makan siang catering karyawan yang berada di tempat kerja seperti pabrik. Seperti yang telah dijelaskan di atas, prinsip-prinsip penyajian catering pabrik akan mengikuti dua standar utama yaitu menu makan murah tetapi tetap bergizi

Jadi biasanya dipilih menu menu yang sudah familiar di mata masyarakat, misalnya beberapa contoh menu makanan catering pabrik:

1.Menu makan nasi putih, sayur sop, tempe goreng, telur rebus, irisan melon dan air putih. Satu porsi biasanya 10 ribu, tinggal dikalikan 1000 karyawan setiap harinya menjadi: 10 juta sehari.

2.Menu makan nasi putih, bakmi goreng, perkedel daging, irisan semangka dan air putih. Satu porsi biasanya 11 ribu, tinggal dikalikan dengan 1000 karyawan setiap hari makan menjadi 11 juta.

3.Menu makan nasi putih, cap cay, rollade, satu jeruk buah, air putih. Biasanya satu porsi 9 ribu, tinggal dikalikan 1000 karyawan menjadi 9 juta sehari.

4.Menu makan variasi yang jarang dikeluarkan biasanya: menu nasi putih, sayur bening, ayam goreng/ayam kremes, kerupuk, sambal, satu buah pisang dan air putih. Satu porsi biasanya 15 ribu jika dikalikan 1000 karyawan akan menjadi 15 juta.

Baca Juga  Bingung Pilih Snack Sore untuk Meeting? Pesan Ini Saja

5.Menu makan variasi pengganti: menu nasi putih, sayur lodeh, ayam bakar/ayam kecap/telur bali, kerupuk, sambal dan irisan buah serta air putih. Satu porsi mencapai 15 ribu dan jika dikalikan 1000 orang menjadi 15 juta.

6.Menu makan alternatif seperti bakmi goreng, nasi goreng dengan olahan campuran telur, daging hingga bakso. Satu porsi biasanya 9 ribu dan jika dikalikan 1000 karyawan akan menjadi 9 juta per harinya.

7.Menu makan alternatif lainnya adalah menu makan paket seperti nasi ayam, ayam kremes, sambal dan air putih. Biasanya dibagikan dalam bentuk nasi kotak atau kotak styrofoam.

Biasanya untuk hari hari pendek atau karena ada kejadian khusus semisal karyawan kantin sedang sakit dan tidak bisa memasak menu menu variasi.

Jika misalkan Anda berminat untuk memesan catering makan siang Jakarta dengan harga yang terjangkau, maka bisa klik banner di bawah ini untuk harga diatas merupakan harga perkiraan, semoga bermanfaat.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI