Catering Healthy Food Jakarta – Makan makanan sehat biasanya hanya dilakukan oleh mereka yang sedang diet. Diet karena kelebihan berat badan, karena sedang hamil atau menderita penyakit tertentu. Tapi apakah menu makanan sehat hanya dikonsumsi ketika Anda mengalami masalah tersebut? Tentu saja tidak.

Makanan sehat bukan sekedar menu untuk diet saja tetapi juga gaya hidup. Orang yang sehat sekalipun tetap harus memenuhi nutrisi pada tubuh dengan konsumsi makanan bergizi. Sama halnya dengan olahraga, kegiatan menguras keringat ini bukan sekedar dilakukan untuk mengurangi berat badan.

Olahraga juga rutin dilakukan oleh atlet dan orang yang sehat, supaya membentuk masa otot dan meningkatkan imunitas tubuh. Jadi hal yang sama juga diterapkan pada konsumsi makanan. Solusi untuk menyediakan makanan sehat pun juga tidak menjadi masalah. Karena kini sudah banyak catering healthy food Jakarta yang bisa Anda pilih.

Mengenal Istilah Healthy Food Bukan Sekedar Diet

healthy food

Istilah healthy food modern ini kian populer, tren ini membuat banyak orang lebih selektif dalam asupan makanan sehari-hari. Healthy food sendiri artinya adalah pangan sehat. Menurut Hardiansyah, kepala pergizi pangan Indonesia yang dilansir dari republika.co.id pangan sehat merupakan makanan bebas dari bahan cemaran.

Makanan harus bebas dari bahan kimia, zat renik dan mikrobiologi. Selain itu makanan yang aman dan sehat harus bisa memenuhi kebutuhan gizi harian. Ada begitu banyak jenis makanan hanya saja kandungan gizi didalamnya berbeda-beda. Dalam tren healthy food, jumlah kalori dalam makanan menjadi pertimbangan yang utama. Karena inilah tren ini menjadi acuan saat diet.

Baca Juga  Butuh Jasa Catering Pernikahan? Simak 7 Tips Mencarinya

Padahal makan makanan sehat bukan sekedar ketika sedang menjalani diet saja. Makanan sehat harus menjadi kebiasaan sehari-hari atau gaya hidup untuk tetap menjaga kesehatan. Menu makanan sehat terdapat gizi seperti protein, mineral, vitamin, karbohidrat dan sedikit lemak. Tujuannya adalah supaya tubuh tetap tumbuh dan sehat.

Satu hal yang perlu diingat dalam menjalani makanan sehat menjauhi jajanan luar. Misalnya seperti gorengan yang mengandung lemak jenuh sangat tinggi tidak baik untuk jantung. Harga jajanan memang murah dan disukai karena rasanya yang gurih, tapi jika mempertimbangkan soal kesehatan makanan tersebut tidak mengandung gizi tinggi.

Jika ingin jajan, sebaiknya pilih catering healthy food yang sudah pasti hanya menyediakan menu sehat. Baik itu camilan dan juga makanan berat, catering makanan sehat sudah mempertimbangkan soal kandungan nutrisi sejak awal.

Menu Healthy Food untuk Mulai Hidup Sehat

catering healthy food

Berbicara soal catering makanan sehat, pastinya tidak terlepas dengan menu-menunya. Paradigma soal makanan sehat yang tidak memiliki rasa dan hanya sayuran saja kini dipatahkan dengan menu bervariasi dari catering.

Ada banyak tempat catering yang menyediakan menu bervariasi dan bukan hanya sekedar sayuran. Rasanya pun lebih lezat karena bebas MSG sehingga dipastikan sehat. Seperti apakah menu makanan sehat yang perlu dikonsumsi dan sebaiknya dipilih? Intip contoh-contohnya berikut ini:

1. Aneka Pepes Ikan

Pepes adalah menu makanan sehat yang tidak berminyak karena cara memasaknya dengan dikukus. Ditambah lagi bahan utamanya adalah ikan yang terbukti memiliki kandungan protein dan vitamin serta mineral sangat tinggi.

Banyak konsumsi ikan baik untuk otak sehingga bisa membuat Anda semakin cerdas. Selain itu pepes juga dimasak dengan kaya bumbu sehingga rasanya sudah dipastikan lezat.

2. Sup sayur atau ayam

Sup adalah jenis makanan sehat yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ada banyak jenis sayur yang dimasukkan seperti wortel, kacang kapri, kacang polong, kembang kol. Jika ingin menambahkan bahan hewani bisa menggunakan dada ayam yang rendah lemak dan mudah matang. Sup juga memiliki rasa yang jernih sangat enak dikonsumsi saat hangat.

3. Sandwich

Sandwich merupakan makanan yang simpel dan bisa diisi dengan beraneka ragam sayur serta daging. Jenis roti yang baik adalah roti gandum dan isiannya bisa menggunakan tomat, selada dan timun.

Supaya memiliki kandungan lemak bisa ditambahkan mayonaise atau keju. Sepotong sandwich ikan tuna, daging asap atau dada ayam panggang sudah cukup untuk menu makan siang.

Baca Juga  Rekomendasi Menu Catering Diet Jakarta Selatan Terbaik

4. Steak

Memulai gaya hidup sehat bukan berarti menu daging dihilangkan, kecuali jika Anda ingin mulai menjadi vegetarian. Daging tetap perlu dikonsumsi untuk memberikan protein hewani dan zat besi. Steak adalah jenis menu yang paling mudah dibuat dan selalu berdampingan dengan salad sebagai sayurannya. Daging steak sendiri sudah enak, sehingga tidak perlu banyak bumbu untuk membuatnya.

Masih banyak menu lainnya yang bisa dipesan di tempat catering healthy Jakarta. Biasanya tempat catering memiliki pilihan paket menu makanan sehat yang bisa diikuti dalam satu bulan.

Apabila Anda cocok dengan masakan yang dibuat, bisa langsung langganan setiap hari. Tempat catering menyediakan paket makanan sehat sehari-hari dengan menu bervariasi sehingga para konsumen pun tidak akan bosan.

Tips Memilih Catering Healthy Food Jakarta

catering healthy jakarta

Tidak semua tempat catering makanan sehat di Jakarta cocok dengan selera. Setiap orang memiliki cita rasanya sendiri-sendiri, lalu bagaimana cara memilihnya? Apakah Anda perlu mencicipi satu per satu makanan dari setiap tempat? Tentu saja tidak.

Jika Anda memilih dengan cara mencicipinya satu per satu perlu waktu yang sangat lama. Apalagi harus mencoba setiap paket per bulannya. Solusi memilih catering healthy Jakarta terbaik bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Menu Sehat Apa saja yang Tersedia

Cara yang pertama bisa Anda lakukan adalah mengetahui menu sehat apa yang tersedia. Bukan hanya sekedar menu makanan tetapi ada beberapa jenis menu yang ditujukan untuk kebutuhan tertentu. Misalnya menu diet mayo, clean eating, menu untuk ibu hamil, hingga menu untuk pengidap diabetes.

Setelah mengetahui menu ini, Anda bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan diri sendiri. Jika ingin membangun gaya hidup sehat, bisa memulainya dengan clean eating. Namun jika bertujuan mengurangi berat badan bisa memilih menu seperti diet mayo, diet kalori, dll.

2. Pastikan Rasa Lezat Bebas MSG

Setelah memilih menunya, Anda bisa mencoba makanan. Mintalah tasting salah satu menu.

Dari contoh makanan Anda bisa dilihat seberapa banyak porsi sekali makan yang disediakan. Selain porsi pastikan rasa masakan sesuai dengan lidah Anda. Perlu diingat bahwa health eating bukan berarti rasa makanan hambar. Masakan tetap memiliki rasa enak jika dimasak dengan bahan dan bumbu yang alami.

Satu lagi yang tidak terlupakan adalah makanan harus bebas MSG. Rasa enak dan gurih yang alami dari kaldu asli sangat berbeda dengan rasa gurih MSG. Jadi pastikan untuk bertanya bahwa catering healthy food tidak menggunakan MSG dalam pengolahannya.

Baca Juga  Cara Memilih Catering Nasi Box Jakarta yang Paling Enak

3. Cek Kebersihan dari Penyajian

Saat dilihat contoh makanan Anda juga bisa mengecek tingkat kebersihannya. Jangan sampai penyajiannya tidak menarik dan juga kotor. Tempat makanan harus selalu baru, jika itu adalah kotak makan yang bisa digunakan kembali pastikan bersih. Penyajian yang menarik juga menjadi faktor penting karena menggugah selera makan.

Kebersihan adalah komponen penting dari makanan sehat. Jika penyajiannya saja tidak bersih bisa dipastikan cara pengolahannya pun tidak menjaga kebersihan.

4. Menyediakan Layanan Antar

Selain kualitas makanan, kualitas pelayanan pun perlu dipertimbangkan. Sebuah layanan catering healthy food Jakarta yang baik adalah menerima layanan antar. Biasanya dalam satu hari terdapat paket dua atau tiga makanan sehari dan semua akan diantar langsung ke tempat tujuan. Anda bisa meminta untuk mengantar ke kantor atau ke rumah sesuai dengan perjanjian.

Makanan yang diantar seharusnya masih hangat sehingga siap untuk disantap. Layanan antar ini juga tidak memakan biaya alias gratis.

5. Sesuaikan Harga dengan Kantong

Terakhir adalah selalu sesuaikan harga makanan dengan biaya yang Anda siapkan. Biasanya tempat catering akan memasang harga murah karena paket catering dilakukan dalam hitungan bulan atau minggu. Anda tinggal memilih tempat catering manakah yang harga paketnya terjangkau. Harga murah dan kualitas rasa yang lezat serta bersih harus menjadi pertimbangan utama yang penting.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI