Catering adalah – Jasa boga atau lebih dikenal catering adalah istilah umum dari kelompok tim wirausaha yang menyiapkan dan menyajikan makanan. Catering adalah mereka yang melayani pemesanan berbagai macam masakan untuk pesta maupun kegiatan lainnya.

Catering atau jasa boga terdiri dari berbagai jenis lingkupnya. Mulai dari yang kecil seperti jenis nasi kotak hingga pelayanan acara besar yang membutuhkan prasmanan hingga peralatan makan, jasa pelayanan, dan yang lainnya.

Pada lingkup pekerjaan catering atau jasa boga ini, ditujukan untuk menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk berbagai acara. Tetapi, ada juga jasa catering yang memasak makanan untuk rutinitas harian seperti catering untuk makan siang pegawai kantoran.

Kenali Karakteristik dan Jenis Catering

jenis Catering

Catering adalah usaha yang menyediakan makanan untuk orang lain. Catering sendiri memiliki dua karakteristik atau sifat, yaitu komersial dan non komersial.

1. Komersial

Catering komersial bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Contohnya seperti warung makan, restoran, pusat jajanan, catering pernikahan, dan banyak lagi.

Baca Juga  6 Catering Terenak di Jakarta, Mana Pilihanmu?

2. Non Komersial

Catering non komersial adalah mereka yang menyediakan makanan untuk orang lain dengan tujuan memenuhi kewajiban tanpa adanya memperoleh keuntungan. Memang pada dasarnya catering non komersil tetap mendapatkan pendapatan, tetapi secara tetap atau berupa gaji.

Adapun yang termasuk dalam catering non komersial berupa para penyaji makanan di institusi seperti rumah sakit, panti asuhan, dan lembaga lainnya.

Apa Saja Sih Jenis Catering?

jenis catering

Bisnis catering juga memiliki banyak jenis. Setiap jenisnya memiliki pelayanan dan tugas berbeda-beda. Berikut contoh jenis-jenis catering yang ada:

1. Private Catering

Jenis jasa catering ini adalah jasa catering profesional dengan memberikan pelayanan pramusaji yang selalu siap memberikan layanan di masing-masing meja makan para tamu undangan dari sebuah acara.

Hal itu bertujuan untuk mempermudah para tamu jika ada yang memerlukan sesuatu. Biasanya catering jenis ini akan memberikan pelayanan service yang lengkap.

Walaupun harganya cukup mahal, catering jenis private ini dapat meningkatkan nilai pelayanan dari penyedia jasa catering makanan.

2. Catering Dine-In

Catering Adalah

Catering Dine-In adalah jenis catering yang menjadikan kamu merasakan restoran seperti ada di rumah.

Catering ini akan menyajikan makanan yang biasanya digunakan untuk acara-acara formal dengan banyak tamu.

3. Self Service Catering

Sesuai dengan namanya, catering ini adalah jenis catering seperti catering prasmanan pada umumnya. Hanya saja, jenis catering ini hanya menyediakan makanan saja.

Untuk penyajian makanan akan diserahkan secara langsung kepada pemilik acara. Namun, catering jenis ini sangat jarang diminati. Karena dianggap kurang efisien dengan service yang tanggung.

4. Catering Piring Terbang

Bagi kalian yang tinggal di Solo, mungkin sudah tidak aneh dengan sebutan catering piring terbang. Pada jenis jasa catering piring terbang ini, tamu hanya perlu duduk dan menunggu pramusaji keluar untuk menghidangkan makanan dan minuman
dengan ukuran per porsi.

Konsep piring terbang ini ada karena pihak catering memikirkan dan mempelajari kapasitas ruang, waktu, dan jumlah tamu dalam sebuah acara.

Catering ini cocok untuk orang-orang yang ingin membuat acara dengan budget minim. Karena makanan juga tidak akan mubazir.

5. Catering Nasi Kotak

Catering nasi kotak

Jenis catering nasi kotak atau nasi box adalah yang paling banyak digunakan karena kepraktisannya. Selain itu, nasi kotak juga menyajikan menu lengkap di dalam satu box dengan harga yang masih terjangkau.

Di dalam kotak tersebut sudah tersedia nasi dengan lauk pauk, sayuran, pelengkap seperti kerupuk dan sambal, juga satu jenis buah.

6. Catering Prasmanan

Siapa sih yang tidak tahu konsep dari prasmanan? Catering dengan konsep prasmanan banyak ditemui di acara-acara seperti resepsi pernikahan, acara keluarga, hingga acara kantoran yang mengundang banyak tamu.

Makanan dan minuman akan disediakan di meja sehingga tamu bisa bebas memilih langsung dan menentukan porsinya sendiri.

Catering dengan konsep prasmanan cukup efektif dan banyak diminati banyak kalangan masyarakat.

7. Healthy Catering

Catering sehat harian atau healthy catering adalah solusi bagi para pemerhati gizi dan pegiat diet. Kalian yang sibuk dan ingin menjaga tubuh tetap bugar juga sehat dengan melihat komposisi pada makanan yang akan dikonsumsi juga bisa menggunakan jasa catering ini.

Beberapa dari jasa catering sehat atau healthy catering juga berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menyediakan menu.

Baca Juga  Catering Healthy Food Jakarta untuk Mulai Gaya Hidup Sehat

Catering sehat wajib memastikan dalam menyajikan menu makanan, harus mementingkan nutrisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh konsumen, baik yang berasal dari hewani atau nabati.

Biasanya catering sehat juga ditujukan untuk para penyandang penyakit seperti diabetes, kolesterol, dan lain sebagainya.

Nah setelah kamu mengetahui hal-hal dasar tentang catering di atas, pada intinya catering adalah layanan penyajian makanan yang bertujuan untuk memudahkan konsumen di berbagai acara. Jadi, Jenis catering apa yang menjadi favorite kamu?

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI