Cara Mematangkan Alpukat – Siapa yang suka dengan alpukat? Buah yang satu ini cocok untuk diolah menjadi jus atau salad.

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi dan rendah lemak jadi sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. Buah ini bisa dimakan tanpa harus ditambahkan gula dan susu, selain cocok untuk diet bagus bagi mereka yang mengalami diabetes.

Cara memilih alpukat sebenarnya sangat mudah. Jika ingin buah yang matang sempurna adalah memilih yang jika dipencet tidak terlalu lembek. Artinya bisa saja di bagian dalam ada yang busuk. Selain itu buah yang matang sempurna memiliki warna yang tidak terlalu hitam namun masih hijau.

Mengkonsumsi buah alpukat sangat mengenyangkan, jadi kamu tidak perlu mengkonsumsi nasi. Tapi buah yang satu ini jika dijual tidak selalu dalam kondisi matang. Jika tidak musim harganya sangat mahal sehingga sayang sekali jika kamu tidak bisa mematangkannya dengan sempurna.

Aneka Macam Cara Mematangkan Alpukat

Cara Mematangkan Alpukat

Memilih buah alpukat yang matang memang mudah, tapi bagaimana jika kamu terpaksa harus membeli yang mentah? Apakah ada trik khusus yang bisa diterapkan?

Untuk memilih buah alpukat yang masih mentah dan bagus isinya maka kamu bisa mencoba mengocoknya. Jika saat digoyangkan kamu merasakan biji buah yang bergerak artinya bagian dalam tidak terlalu baik, bisa saja busuk.

Pilih yang biji buahnya tidak bergerak, artinya alpukat yang mentah tersebut masih bagus. Nah, setelah memilih buah alpukat mentah yang bagus kamu masih membutuhkan satu langkah lagi sebelum mengkonsumsi yaitu mematangkannya.

Buah alpukat yang didiamkan saja akan mengalami pematangan tidak merata. Bagian permukaannya bisa saja empuk tapi dalamnya masih keras. Supaya hasilnya sempurna, ikuti beberapa cara mematangkan alpukat berikut ini.

1. Merendam Alpukat ke dalam Beras

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah merendam alpukat ke dalam beras. Cara ini merupakan langkah tradisional yang biasa dilakukan oleh orang zaman dahulu. Prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari, jika alpukat terlalu keras maka bisa lebih lama.

Untuk prosesnya sendiri sangatlah mudah, pertama masukkan alpukat ke dalam beras dan pastikan semua bagian terendam.

Hindari meletakkan alpukat hanya di atas beras saja karena juga akan membuat kematangan tidak rata. Tunggu selama dua hingga tiga hari untuk melihat apakah alpukat sudah empuk.

Baca Juga  17 Masakan Nusantara yang Sederhana dari Sabang ke Merauke

2. Mematangkan Alpukat dengan Tusuk Gigi

Cara kedua adalah menggunakan tusuk gigi, bagaimana bisa? Tusuk gigi berfungsi untuk menggantikan batang yang sudah hilang. Cara mematangkan alpukat dengan tusuk gigi adalah dengan menancapkannya ke bagian bekas batang. Tancapkan hingga sedalam satu hingga dua centimeter.

Setelah ditusuk, alpukat bisa didiamkan di area yang tidak terkena sinar matahari. Selama dua hingga tiga hari biasanya teksturnya akan berubah menjadi lebih empuk. Jika sudah benar-benar matang, lepaskan tusuk gigi dan buah siap untuk dikonsumsi.

3. Memanggang Alpukat ke dalam Oven

teknik  Mematangkan Alpukat

Oven adalah alat yang bukan hanya digunakan untuk membuat kue tetapi jika bisa mematangkan buah alpukat. Hanya saja oven yang digunakan adalah oven gas besar karena memiliki gas etilen. Gas inilah yang memiliki pengaruh besar untuk mematangkan alpukat.

Cara mematangkan alpukat dengan oven adalah membungkus buah terlebih dahulu dengan alumunium foil. Kemudian panggang ke dalam oven yang bersuhu 200 derajat fahrenheit. Proses pengovenan hanya berlangsung 10 menit saja. Jika masih keras, kamu bisa memanggang alpukat hingga satu jam.

4. Memanggang Alpukat dengan Microwave

Jika kamu tidak memiliki oven gas, bisa juga menggunakan microwave. Cara ini juga lebih aman dan sedikit berbeda. Buah alpukat tidak perlu dibungkus dengan alumunium foil tetapi ditusuk dengan garpu supaya membentuk lubang. Hal ini dilakukan supaya gelombang panas dalam microwave masuk sampai ke dalam daging buah.

Kemudian panaskan alpukat ke dalam microwave cukup dengan suhu rendah saja selama 30 detik. Setiap 30 detik cek alpukat apakah sudah matang, jika belum kamu bisa mengulanginya sampai empuk.

5. Menutup Alpukat dengan Tisu

Yang kelima ini adalah cara mematangkan alpukat yang terlanjur dibuka. Jika kamu terlanjur membuka bagian atas atau bekas batang alpukat maka cukup tutup bagian tersebut dengan tisu. Jangan lupa berikan sedikit garam pada bagian yang sudah dipotong kemudian lakban. Pastikan tidak ada rongga atau celah dari lakban yang membuat udara bisa masuk.

Simpan alpukat selama dua tiga hari ke dalam tempat yang sejuk. Kamu bisa menengoknya setiap dua hari untuk memastikan kematangannya.

6. Membalut Alpukat dengan Kain Katun

Cara selanjutnya adalah yang paling simpel, karena alpukat cukup dibalut dengan kain katun saja. Kamu bisa menggunakan kaos yang sudah tidak terpakai. pastikan seluruh bagian alpukat terbungkus dengan rapat.

Kemudian simpan alpukat ke dalam ruangan sejuk selama dua hingga tiga hari. Biasanya alpukat sudah matang dan siap untuk diolah.

Baca Juga  Catering Healthy Food Jakarta untuk Mulai Gaya Hidup Sehat

7. Membungkus Bersama Buah Pisang

Masih dengan cara mematangkan dengan membungkus, kali ini kamu bisa menambahkan buah pisang. Cara mematangkan alpukat dengan pisang sedikit unik, bahkan bukan hanya pisang, kamu bisa menambahkan buah apel, jeruk dan tomat. Bahan pembungkusnya juga berbeda yaitu kertas

Bungkus semua buah ke dalam kantong kertas coklat dan tutup dengan rapat. Biarkan di dalam suhu 24 derajat celcius selama dua hari. Kamu bisa mengeceknya secara berkala setiap hari untuk memastikan bahwa alpukat telah matang.

Ketujuh cara mematangkan alpukat ini tidak sulit untuk dicoba, yang pastinya semua alpukat pasti akan matang dalam keadaan sempurna.

baner Wa
Call Now ButtonHUBUNGI KAMI